Helo Indonesia

10 Manfaat Daun Stevia, Alternatif Pengganti Gula yang Sangat Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Syahroni - Ragam
Minggu, 6 Agustus 2023 20:04
    Bagikan  
Daun stevia
pixabay

Daun stevia - 10 manfaat daun stevia untuk kesehatan Anda.

HELOINDONESIA.COM - Bagi penderita diebetes, konsumsi gula berlebih bisa berakibat petaka. Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan itu, banyak yang mulai mengonsumsi pemanis alternatif yang lebih sehat.

Daun stevia umum digunakan sebagai pemanis minuman. Stevia memiliki rasa manis alami karena mengandung steviol glikosida dengan tingkat kemanisan 250-300 kali lipat dari sukrosa (gula murni).

Menurut penelitian, tanaman ini tergolong aman untuk digunakan sebagai pengganti gula oleh penderita diabetes. Tanaman ini juga tidak merusak kesetabilan kadar gula darah.

Stevia (Stevia rebaudiana) merupakan bahan pemanis dengan kandungan nol kalori. Tanaman ini merupakan bagian dari famili tananman asteraceae yang berasal dari Arizona, new Mexico dan Texas.

Baca juga: Turunkan Kadar Gula Darah Hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung, Berikut Manfaat Buah Pir untuk Tubuh Anda

Selain digunakan sebagai alternatif pemanis, daun stevia dapat memberikan beragam manfaat kesehatan. Di bawah ini manfaat daun stevia yang perlu kamu tahu.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi stevia adalah cara menurunkan tekanan darah. Manfaat ini terkait dengan adanya stevioside yang melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan sistem kardiovaskular.

Juga, stevioside berperan dalam menurunkan risiko pembesaran jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Memang, dengan adanya stevioside, ia bekerja untuk menurunkan tingkat tekanan darah dan membantu mencegah penyakit tertentu termasuk stroke.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Stevia memiliki kandungan stevioside yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selanjutnya, kolesterol yang berkurang adalah kolesterol LDL teroksidasi yang mengindikasikan penyakit jantung.

Baca juga: Stop Sekarang Juga, Ini 5 Bahayanya Jika Menambahkan Gula ke dalam Cangkir Teh Anda

Dengan demikian, jika Anda mengonsumsi makanan stevioside secara teratur, hal itu akan membuat Anda terhindar dari penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Dengan mengkonsumsi stevia secara teratur, membantu menurunkan gula darah sekitar 18% karena kerja stevioside yang terkandung. Dengan manfaat yang besar ini, membantu mencegah resiko terkena diabetes tipe II.

Diabetes sendiri dikenal sebagai kondisi yang disebabkan oleh peningkatan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau ketidakmampuan memproduksi insulin.

Atevioside membantu meningkatkan produksi insulin yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah secara bersamaan.

Baca juga: Ragam Pemanis Alami Terbaik untuk Gantikan Konsumsi Gula Anda

4. Menurunkan berat badan

Karena nol kalori, mengonsumsi stevia sebagai pemanis tidak akan menambah kalori sama sekali ke dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badan ideal, daun stevia tentu bisa jadi pilihan.

5. Bertindak sebagai Anti kanker

Asupan rutin buah dan sayuran yang kaya nutrisi antioksidan membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki senyawa kaempferol yang bisa membantu mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

6. Bertindak sebagai Anti Inflamasi

Mengkonsumsi makanan anti-inflamasi membantu Anda mencegah penyakit. Juga, dengan memiliki nutrisi anti-inflamasi membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melindungi dari virus dan bakteri.

7. Bantu Stabilkan Kolesterol

Stevia aman digunakan untuk penderita kolesterol tinggi. Sebuah studi mengungkapkan orang yang rutin mengonsumsi stevia selama satu bulan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL), serta penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) maupun trigliserida.

Baca juga: Pengidap Diabetes dan Gangguan Ginjal Jangan Buru-buru ke dokter, 2 Bahan Alami ini Bermanfaat Menyembuhkan

8. Tidak membuat gigi berlubang

Tidak seperti gula konvensional yang dapat menyebabkan gigi berlubang, stevia ramah untuk kesehatan gigi dan rongga mulut. Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk rajin menyikat gigi sebanyak dua kali sehari.

9. Mencegah Kerutan Kulit

Efek gabungan dari fitosterol, antioksidan, serta vitamin A dan C dalam stevia membantu meningkatkan respons kulit terhadap stres oksidatif sehingga mengurangi risiko terjadinya penuaan kulit.

Manfaat ekstrak daun stevia yang digunakan sebagai skin care dapat bantu melawan kerutan di kulit.

10. Melembabkan Kulit

Steviol glikosida adalah humektan yang menarik dan mempertahankan kelembapan. Ekstrak stevia yang diformulasikan menjadi pelembab ataupun toner wajah bermanfaat melembabkan kulit.

Meski daun stevia tergolong aman untuk kebanyakan orang, pemanis ini juga dapat menimbulkan efek samping. Stevia diduga dapat memengaruhi kondisi keseimbangan flora normal di saluran pencernaan.