Helo Indonesia

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga? Berikut Perbedaan Olahraga Pagi dan Malam Menurut Penelitian

Syahroni - Ragam
Sabtu, 5 Agustus 2023 19:09
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - Waktu terbaik untuk berolahraga.

HELOINDONESIA.COM - Bagi sebagian orang, waktu terbaik untuk berolahraga adalah dipagi hari saat udara masih segar dan matahari belum terlalu terik menyinari kepala. Namun buat sebagain orang lagi, waktu terbaik untuk berolahraga adalah sore menjelang malam hari.

Dari pada Anda bingung menentukan kapan waktu terbaik untuk berolahraga, lebih baik simak artikel berikut ini. Dalam artikel kali ini kami akan paparkan kelebihan dan kekurangan waktu berolahraga, baik itu olahraga pagi ataupun olahraga malam.

Berolahraga di pagi hari: Apa kata penelitian

Saat alarm berbunyi, hal terakhir yang ingin dilakukan kebanyakan orang adalah bangun dari tempat tidur, memasang sepatu sport, dan pergi ke gym. Tetapi ada beberapa keuntungan luar biasa dari olahraga pagi yang patut dipertimbangkan.

1. Kebiasaan Anda mungkin lebih konsisten

Penelitian terbaru mengatakan bahwa lebih mudah untuk tetap konsisten dengan olahraga pagi karena kebanyakan orang memiliki lebih sedikit acara sosial dan pekerjaan yang direncanakan untuk pagi hari.

Baca juga: Terungkap Ternyata Olahraga Bisa Mencegah Kanker, Begini Penjelasanya

Penelitian lain menunjukkan bahwa sementara peserta studi tetap pada rutinitas latihan mereka tidak peduli apakah mereka berolahraga di pagi atau sore hari, kepatuhan paling tinggi pada kelompok pagi.

2. Lebih banyak waktu luang

Jika Anda sudah berolahraga di pagi hari, Anda akan punya banyak waktu luang setelahnya. Di sisa hari itulah, Anda dapat memanfaatkan waktu Anda untuk kegiatan lain seperti melakukan hal-hal yang Anda sukai.

3. Lebih sedikit merasakan sakit

Jika saat ini Anda menggunakan gerakan dan olahraga sebagai cara untuk mengatasi rasa sakit kronis, mungkin ada baiknya beralih ke olahraga pagi.

Satu studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari mengalami lebih sedikit rasa sakit tubuh daripada orang yang berolahraga di malam hari.

4. Tidur lebih nyenyak

Satu studi menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung tidur lebih efisien) dan lebih sedikit terbangun di malam hari. Studi lain menemukan bahwa olahraga pagi dapat membantu penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

5. Tidak terlalu lapar

Sebuah tinjauan studi menemukan bahwa olahraga dapat membantu mengekang nafsu makan setelah berolahraga. Studi lain menemukan bahwa wanita yang berolahraga di pagi hari memiliki asupan kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di malam hari.

Baca juga: Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas, Berikut Manfaat Olahraga Renang untuk Perkembangan Buah Hati Anda

Jika Anda ingin menahan rasa lapar di kemudian hari, olahraga pagi mungkin cocok untuk Anda.

6. Membakar lebih banyak lemak

Juga telah terbukti bahwa orang dapat membakar lebih banyak lemak tubuh dengan berolahraga dengan perut kosong — jauh lebih mudah melakukannya di pagi hari daripada di malam hari.

Berolahraga di sore hari: Apa kata penelitian

Jika Anda tidak bisa berolahraga di pagi hari, jangan dipikirkan. Ada banyak alasan mengapa berolahraga di sore hari juga bisa menjadi pilihan cerdas.

1. Anda mungkin tampil lebih baik

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa peeps tampil lebih baik pada latihan maksimal durasi pendek (seperti berenang habis-habisan dan bersepeda, melompat, lari cepat, dan latihan ketahanan) di malam hari.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Minum Susu Setelah Olahraga Lebih Baik Daripada Minuman Berenergi

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja olahraga pagi — seperti pemanasan atau berolahraga pada waktu yang sama setiap hari — tetapi jika semuanya sama, malam hari memiliki keuntungan.

2. Anda sudah melakukan pemanasan

Suhu tubuh Anda secara alami lebih tinggi di malam hari, sehingga otot Anda lebih hangat. Otot yang lebih hangat dikaitkan dengan kinerja yang lebih baik.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa terpapar cuaca hangat/kondisi lembab dan melakukan pemanasan sebelum berolahraga dapat membuat performa olahraga pagi hari lebih setara dengan performa malam hari.

3. Dapat massa otot lebih banyak

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di malam hari memperoleh lebih banyak massa otot antara minggu ke 13 hingga 24 dari pelatihan yang konsisten daripada orang yang berolahraga di pagi hari.
Jika Anda mencoba mendapatkan otot yang serius, olahraga malam mungkin lebih baik dalam jangka panjang.

Baca juga: Jangan Asal Gerak, Berikut 5 Jenis Olahraga yang Disarankan untuk Para Lansia

Kadar hormon juga berperan dalam menentukan waktu latihan yang optimal. Testosteron penting untuk pertumbuhan dan kekuatan otot - serta stamina - apa pun jenis kelamin Anda. Tubuh dapat menghasilkan lebih banyak testosteron selama latihan ketahanan sore hari daripada saat latihan pagi.

4. Lebih termotivasi untuk benar-benar berolahraga

Motivasi adalah hambatan besar bagi banyak orang. Berolahraga itu sulit, bukan??

Satu studi menunjukkan bahwa lebih sulit untuk tetap termotivasi untuk mengikuti program pelatihan berkepanjangan yang dilakukan di pagi hari. Jadi, jika pergi ke gym adalah masalah terbesar Anda, olahraga malam mungkin lebih mudah dilakukan dalam jangka panjang.

Waktu terbaik untuk berolahraga tergantung pada Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kronotipe Anda (alias apakah Anda orang pagi atau orang malam) berperan saat Anda melakukan yang terbaik.
Jika Anda suka berolahraga di pagi hari, itu luar biasa. Jika Anda suka berolahraga di malam hari, teruslah lakukan aktivitas Anda.

Tetapi jika jadwal latihan Anda saat ini tidak sesuai untuk Anda, Anda dapat mengubahnya.

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh dapat terbiasa dengan keringat biasa, jadi jika Anda berolahraga setiap hari pada jam 4 sore. (atau waktu lainnya), pada akhirnya Anda mungkin tampil lebih baik daripada waktu lainnya.