Helo Indonesia

Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas, Berikut Manfaat Olahraga Renang untuk Perkembangan Buah Hati Anda

Syahroni - Ragam
Minggu, 16 Juli 2023 11:30
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Manfaat rutin renang untuk perkembangan anak.

HELOINDONESIA.COM - Berenang adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh anak-anak. Selain dapat meningkatkan kesehatan, berenang juga dapat membuat anak lebih cerdas.

Berdasarkan penelitian dari Universitas Griffith Australia. Para peneliti melakukan survey kepada 7.000 orangtua yang memiliki anak di bawah usia 5 tahun. Dari 7.000 partisipan, peneliti mengajak 180 anak untuk diajarkan renang selama kurang lebih satu tahun.

Dari penelitian tersebut ditemukan, anak-anak yang melakukan olahraga renang secara teratur lebih unggul secara keterampilan, daripada anak-anak lainnya. Selain itu, dalam penelitian juga ditemukan, anak-anak yang berenang memiliki keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik daripada teman sebayanya yang tidak aktif dalam belajar berenang.

Baca juga: Berikut 4 Manfaat Olahraga Pound Fit yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Terapi Fisik

Secara garis besar, Universitas Griffith menyimpulkan, semakin awal seorang anak memulai untuk berolahraga berenang, maka perkembangan kecerdasannya akan semakin besar. Berikut manfaat berenang untuk perkembangan anak :

1. Lebih percaya diri

Berenang merupakan salah satu olahraga yang dapat membentuk rasa percaya diri pada anak. Alasannya karena pada saat pertama kali berenang, anak pasti akan merasa takut. Namun, pada akhirnya anak-anak akan menangai rasa takut mereka dan mulai menikmati untuk bermain di dalam air lebih lama sehingga munculah perasaan percaya diri dari sang anak.

Kepercayaan diri merupakan kemampuan yang penting dikembangkan sejak anak-anak. Dengan kepercayaan diri, anak-anak dapat dengan mudah berinteraksi dengan teman - temannya dan lebih berprestasi, serta mampu untuk menjalani kehidupan lebih bahagia. Di sinilah kepercayaan diri dibentuk dan akan berpengaruh hingga anak dewasa nanti.

2. Meningkatkan fokus

Pada saat berenang, anak -anak akan belajar fokus bagaimana menggerakan kaki dan tangannya sehingga mereka bisa berenang. Mengajarkan anak untuk fokus sangat penting untuk membantu mereka menjalani kehidupan yang sukses. Beberapa peneliti percaya, berenang merupakan cara terbaik untuk meningkatkan fokus pada anak.

Baca juga: Jangan Asal Gerak, Berikut 5 Jenis Olahraga yang Disarankan untuk Para Lansia

3. Meningkatkan koordinasi dan ketajaman memori

Mengajarkan anak berenang sejak usia dini sangat bagus untuk membantu membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh. Beberapa gerakan berenang, dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko obesitas pada anak. Selain itu berenang juga dapat meningkatkan bagian otak yang berhubungan dengan pembelajaran, koordinasi, dan memori. Perkembangan mental dan fisik ini dapat menyebabkan anak lebih unggul secara akademis di sekolah.

4. Baik untuk kesehatan paru-paru

Berenang sejak usia dini bisa memyehatkan paru - paru karena dengan rutin melakukan olahraga ini, maka manfaatnya bisa melatih otot paru-paru dan membantu meningkatkan volume paru-paru. Jika anak memiliki masalah asma, ajaklah anak tersebut untuk rajin berenang. Dengan rutin berenang maka nafas akan menjadi kuat dan menyehatkan paru - paru.

Itulah beberapa manfaat berenang bagi perkembangan anak. Ajaklah anak berenang agar mendapatkan manfaatnya untuk sang anak.

(Jumadi)