Helo Indonesia

Berikut 4 Manfaat Olahraga Pound Fit yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Terapi Fisik

Ajie - Ragam
Sabtu, 15 Juli 2023 11:51
    Bagikan  
Berikut 4 Manfaat Olahraga Pound Fit yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Terapi Fisik

Kegiatan Pound fit di Taman Indonesia Kaya Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pound fit belakangan menjadi jenis olahraga baru yanhg digandrungi kaum muda saat ini, termasuk yang sedang melanda para Gen Z Kota Semarang, Jawa Tengah.

Paduan gerakan seperti menabuh drum nan rancak dengan alunan musik energik membuat olahraga ini menjadi pilihan menarik.
Sejumlah penelitian membuktikan seseorang yang memainkan drum memiliki peningkatan fungsi otak dan bisa mengurangi stres. Irama yang dihasilkan mampu memperbaiki kerja otak untuk lebih fokus, meningkatkan ketajaman berpikir, sistem kekebalan tubuh, hingga menurunkan tekanan darah.

Selain seru dan asyik, varian olahraga ini tentu saja menyehatkan dan menyenangkan. Seabrek manfaat pound fit bisa kalian dapatkan jika rutin dilakukan.

Baca juga: Demam Olahraga Pound Fit Melanda Anak Muda Semarang, Peminatnya Membeludak

Apa sih Pound fit? Seperti dikuitip dari Hellosehat.com, olahraga baru ini menggunakan alat semacam stik dan musik sebagai piranti utamanya. Latihan ini mirip seperti aerobik, tetapi ciri khasnya adalah menggunakan alat yang dinamakan Ripstix, yaitu stik drum ringan seberat 0,45 kg yang dirancang khusus untuk berolahraga.


Berbagai gerakan dalam olahraga ini terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates. Namun pada dasarnya tidak ada gerakan khusus yang benar-benar mutlak dalam olahraga ini.

Olahraga pound fit pertama kali digagas oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, mantan penabuh drum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Keduanya mulai menggabungkan gerakan seperti menggebuk drum dengan unsur kardio di dalamnya. Menurut Peerenboom dan Potenza, olahraga ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan tubuh secara secara simetris dan tetap bertenaga.

Berikut empat manfaat pound fit yang bisa dijadikan pertimbangan kalian untuk menjajalnya sebagai upaya memberikan kebugaran dan tampil sehat sepanjang hari.

1. Menguatkan otot tubuh
Manfaat pound fit yang pertama yaitu menguatkan otot bagian tengah tubuh, salah satunya otot perut. Olahraga ini dirancang untuk menggerakkan badan secara keseluruhan. Namun, banyaknya gerakan memutar dan gerakan membungkuk akan bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan sekitarnya serta memperkuat jaringan ikat.

2. Mengolah tubuh secara keseluruhan
Tak semua olahraga melibatkan keseluruhan tubuh dalam prosesnya. Namun, olahraga yang satu ini merupakan salah satu olahraga yang mengolah semua organ tubuh secara keseluruhan. Oleh karenanya olahraga ini cocok bagi Anda yang ingin berolahraga secara maksimal.

Baca juga: Henggar: Porprov Jangan hanya Sebatas Gaung Saja, tetapi Mampu Berdayakan Ekonomi Masyarakat

3. Menurunkan berat badan
Ohya, selain memadukan gerakan yoga dan yoga dan pilates, pound fit juga dilengkapi dengan unsur kardio, yakni gerakan seperti menabuh drum. Penggabungan ketiga olahraga ini dalam satu latihan membuat Anda mampu membakar kalori hingga 900 kalori per jam. Hal ini dikarenakan pound fit juga menggerakkan otot-otot yang jarang digunakan sehingga pembakaran kalori cukup maksimal.

4. Membantu pasien menjalani terapi fisik
Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom mengungkapkan, terapi fisik yang paling menantang merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkuat otot dan sendi. Latihan ini bisa digunakan sebagai terapi pelengkap bagi pasien yang sedang menjalani terapi fisik untuk mempercepat pemulihan mereka. Tentunya menyesuaikan kemampuan sang pasien.
(Aji)