bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tak Sekedar Bumbu Dapur,Berikut Manfaat Kembang Lawang untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Syahroni - Ragam
Rabu, 26 Juli 2023 14:25
    Bagikan  
Kembang lawang
pixabay

Kembang lawang - Selain sebagai bumbu masak, kembang lawang juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Kembang lawang merupakan sejenis rempah yang banyak digunakan di berbagai menu masakan di hampir seluruh penjuru dunia. Tanaman dengan nama ilmiah Illicium verum ini mudah dikenali dari bentuknya yang seperti bintang dan rasanya yang sedikit manis.

Tanaman ini sendiri berasal dari Cina bagian barat daya dan sebagian Vietnam dan menghasilkan buah yang dipanen dan dikeringkan untuk keperluan kuliner dan obat-obatan.

Kembang lawang atau yang juga dikenal dengan nama star anise adalah rempah yang kaya akan berbagai senyawa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Beberapa senyawa yang ditemukan di kembang lawang antara lain adalah anethole,, asam Shikimat, Linalool, Quercetin, Kumarin, serta Vitamin dan mineral.

Baca juga: 5 Jenis Rempah-rempah Hasil Kekayaan Nusantara yang Paling Banyak Diburu Negara Asing

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kembang lawang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk masalah pencernaan, masalah pernapasan, dan peradangan. Berikut adalah manfaat kembang lawang untuk kesehatan:

1. Sebagai Antioksidan

Kembang lawang kaya akan antioksidan, yang penting untuk menetralkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, menyebabkan kerusakan sel dan perkembangan penyakit kronis.

Antioksidan yang ditemukan di kembang lawang, seperti quercetin dan anethole, dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan ini dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah respons kekebalan alami, tetapi peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam kembang lawang, termasuk anethole, memiliki sifat anti-inflamasi.

Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, berpotensi meredakan kondisi seperti radang sendi dan penyakit radang lainnya.

Baca juga: Tak Sekedar Bumbu Dapur, Berikut Ini 6 Manfaat Kesehatan Kayu Manis yang Mungkin Belum Anda Ketahui

3. Antimikroba dan Antijamur

Kembang lawang atau ada juga yang menyebutnya sebagai adas bintang telah terbukti menunjukkan aktivitas antimikroba dan antijamur, yang dapat bermanfaat dalam memerangi infeksi.

Minyak atsiri yang berasal dari kembang lawang mengandung senyawa seperti anethole dan asam shikimic, yang telah menunjukkan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Ini menunjukkan bahwa kembang lawang mungkin berperan dalam mencegah dan mengobati infeksi, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian manusia untuk mengonfirmasi temuan ini.

4. Kesehatan pencernaan

Secara tradisional digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk meringankan masalah pencernaan, kembang lawang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Sifat karminatifnya dapat membantu mengurangi gas, kembung, dan gangguan pencernaan.

Selain itu, efek antispasmodik rempah-rempah dapat membantu meredakan ketidaknyamanan gastrointestinal dengan mengendurkan otot polos di saluran pencernaan.

Baca juga: Dinobatkan jadi Rempah Termahal di Dunia, Berikut Ini Manfaat Kesehatan Saffron untuk Tubuh Anda

5. Kesehatan Pernapasan

Kembang lawang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati masalah pernapasan, seperti batuk, pilek, dan bronkitis. Khasiat ekspektoran dan antivirusnya dapat membantu membersihkan lendir dari saluran udara dan mengurangi nafas tersendat, berpotensi memberikan kelegaan bagi mereka yang menderita penyakit pernapasan.

6. Baik untuk Kekebalan Tubuh

Senyawa yang ditemukan di Star Anise, termasuk antioksidan dan agen antimikroba, dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat.

Dengan melindungi tubuh dari stres oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan infeksi, adas bintang dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membangun hubungan langsung antara konsumsi adas bintang dan fungsi kekebalan pada manusia.