Helo Indonesia

Harus Dihindari Ibu Hamil dan Menyusui, Berikut Efek Samping Konsumsi Alpukat untuk Kesehatan Anda

Syahroni - Ragam
Rabu, 26 Juli 2023 13:16
    Bagikan  
Olahan alpukat.
pixabay

Olahan alpukat. - waspadai efek samping mengonsumsi alpukat.

HELOINDONESIA.COM - Sudah menjadi rahasia umum kalau alpukat adalah salah satu buah yang memiliki beragam manfaat. Kandungan gizi pada alpukat dipercaya dapat mencegah kanker hingga membuat jantung sehat.

Namun demikain, penting mengetahui efek samping yang mungkin berbahaya dari buah ini jika dikonsumsi dengan tidak tepat. Apa saja efek samping itu? Berikut Helo Indonesia rangkum dari berbagai sumber terkait efek samping buah alpukat ini.

1. Tidak Baik untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Alpukat harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui. Menurut beberapa penelitian, alpukat diketahui dapat mengurangi produksi ASI dan bahkan bisa merusak kelenjar susu. Belum lagi perut bayi terlalu sensitif untuk menelan alpukat atau sisa-sisa yang terkandung di dalam ASI ibunya.

Baca juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Alpukat, Cegah Kanker Hingga Bikin Jantung Sehat

2. Waspadai Kenaikan Berat Badan

Meskipun alpukat mengandung lemak sehat, namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alpukat Anda juga bisa menambah berat badan. Pasalnya selain memiliki kandungan lemak sehat, alpukat juga tinggi akan kalori.

3. Masalah hati

Alpukat mengandung dua komponen yang disebut estragole dan anethole, yang dapat merusak hati Anda. Untuk itu penting untuk Anda yang memiliki masalah hati untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini. 

4. Masalah Perut

Orang dengan perut yang sangat sakit, mungkin menemukan bahwa ketika mereka makan alpukat, mereka mengalami sedikit ketidaknyamanan. Biasanya berupa perut kembung.

5. Alergi

Bagi sebagian orang alergi terhadap alpukat, buah ini dapat menyebabkan gatal-gatal, kulit bengkak hingga eksim. Untuk itu ada baiknya menghindari untuk orang yang punya gejala alergi.

Baca juga: Waspada, Tips Cara Menyimpan Alpukat Ala TikTok ini Justru Bisa Bikin Anda Diare Loh

6. Intoleransi Lateks

Jika Anda memiliki intoleransi lateks, maka Anda harus menghindari alpukat. Alpukat diketahui dapat meningkatkan kadar lgE serum, yang akan meningkatkan kepekaan Anda terhadap alpukat.

7. Menurunkan Kolesterol HDL

Meskipun merupakan salah satu lemak baik, alpukat benar-benar merugikan Anda jika menyangkut alpukat. Ini menurunkan kadar kolesterol HDL, yang merupakan tipe kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh Anda.

8. Hipersensitivitas

Jika Anda adalah orang dengan hipersensitivitas, maka alpukat adalah hal lain yang harus Anda hindari. Telah terbukti meningkatkan efek dan intensitas hipersensitivitas.

9. Kalium Tinggi

Anda memang ingin memiliki potasium, tetapi semuanya tentang jumlah dan keseimbangan yang tepat. Alpukat memiliki banyak potasium, yang sempurna untuk saat Anda mencoba menaikkan level, tetapi pastikan Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak.