Helo Indonesia

Waspada, Tips Cara Menyimpan Alpukat Ala TikTok ini Justru Bisa Bikin Anda Diare Loh

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 20 Juni 2023 09:00
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Merendam alpukat di dalam air bisa membuat Anda terkena diare.

HELOINDONESIA.COM - Menyimpan makanan agar bisa bertahan lebih lama memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, cara membuat buah alpukat jadi lebih segar lebih lama yang beredar di TikTok belum lama ini, dapat dapat menyebabkan diare, para ahli telah memperingatkan.

Tips ala Tiktok yang sempat menjadi tren ini cukup mudah. Disebutkan, agar lebih segar dan lebih tahan lama, alpukat hanya perlu direndam dalam air. Diklaim, cara ini dapat memperlambat proses oksidasi dan secara efektif menghentikan pematangan yang terlalu cepat.

Namun, selain menunda kebusukan buah, metode penyimpanan ini sebenarnya menciptakan lokasi yang sempurna bagi bakteri berbahaya untuk berkembang biak. Patogen seperti listeria dan salmonella dapat ditemukan di permukaan buah, menurut Pink Storage Cardiff (PSC).

Baca juga: Biar Tidak Gampang Lemot, Otak Harus Rutin Mengonsumsi 10 Makanan Berikut Ini

Keduanya, yang bisa membuat penderitanya sakit parah, bisa menyebabkan diare.

Scott Evans, dari PSC, berkata: 'Ketika kami menyadari tren ini, kami melihat bahwa orang-orang menggunakan trik ini dan berhasil untuk mereka. Merendam alpukat dalam air memperlambat proses oksidasi yang menyebabkan alpukat terlalu matang.

'Meskipun sudah jelas peretasan ini membuat alpukat Anda lebih segar lebih lama, Anda tidak boleh menggunakan peretasan media sosial ini karena berbahaya.'

Dia menambahkan: 'Saat Anda merendam alpukat di dalam air, Anda menciptakan lingkungan yang memungkinkan patogen manusia seperti listeria dan salmonella berkembang biak.'

Ahli diet terdaftar Dr Duane Mellor, di Universitas Aston Birmingham, juga tidak mendorong orang untuk mengikuti tren ini.

Dia berkata: 'Dengan menyimpannya dalam air, kemungkinan besar hanya meningkatkan risiko bakteri ini yang mungkin tidak berbahaya ada di kulit buah.'

Listeriosis adalah kondisi serius yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria. Ini menimbulkan ancaman terbesar bagi bayi, wanita hamil, di atas 65 tahun, dan siapa saja dengan sistem kekebalan yang lemah.

Baca juga: Waspada, Makanan yang Dimasak pada Suhu Tinggi Dapat Menimbulkan Risiko Kanker Loh

Bakteri biasanya menjadi masalah dengan makanan dingin dan siap saji, menurut NHS. Ahli gizi Toby King mengingatkan mencuci kulit sebelum memasukkannya ke dalam air juga tidak akan mencegah penyebaran bakteri.

Dia berkata: 'Beberapa pengguna media sosial percaya bahwa mereka dapat mendisinfeksi kulit dari patogen berbahaya ini. 'Tapi listeria bisa menyusup ke daging buah alpukat saat disimpan. Mendisinfeksi kulit buah dalam hal ini tidak akan membantu.'

Jika Anda ingin menjaga alpukat Anda bertahan lebih lama, lebih baik Anda membungkusnya dengan plastik film, menyimpan lubang di dalam buah atau menyimpannya dengan bawang cincang, kata para ahli.