Helo Indonesia

10 Manfaat Mengonsumsi Alpukat, Cegah Kanker Hingga Bikin Jantung Sehat

Syahroni - Ragam
Rabu, 26 Juli 2023 12:58
    Bagikan  
Buah alpukat
pixabay

Buah alpukat - Beragam manfaat buah alpukat untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Alpukat atau Persea americana merupakan salah satu buah yang kini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain karena rasanya yang lezat, alpukat jadi buah favorit karena kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Tidak dapat dipungkiri, berbagai jurnal kesehatan juga telah mengakui manfaat buah Alpukat. Berbagai manfaat tersebut diperoleh dari kandungan nutrisi dalam buah Alpukat yang kaya akan protein, vitamin B2, niacin, potasium, omega 3, dan juga vitamin C yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berikut 10 manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker

Buah alpukat cukup dikenal karena manfaatnya sebagai makanan pencegah kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut, dan kanker payudara. Buah ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak untuk mencegah kanker.

Baca juga: Waspada, Tips Cara Menyimpan Alpukat Ala TikTok ini Justru Bisa Bikin Anda Diare Loh

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah alpukat sangat Kbaik untuk kesehatan mata. Mata yang sehat akan memberikan penglihatan yang lebih baik dan lebih tajam.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tidak terkontrol merupakan awal dari munculnya berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Khasiat buah alpukat untuk menurunkan kolesterol dengan kandungan beta sitosterol dapat membuat tubuh terhindar dari kolesterol jahat.

4. Menjaga kesehatan jantung

Hati yang sehat adalah awal dari tubuh yang sehat. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan jantung anda agar jantung dapat bekerja lebih maksimal untuk memompa darah dalam tubuh anda.

Baca juga: Sehatkan Pencernaan Hingga Turunkan Berat Badan, Berikut Manfaat Makan Buah Saat Perut Kosong

5. Mencegah stroke

Penyakit stroke bisa diatasi dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin. Kandungan folat yang baik untuk tubuh pada buah ini akan membantu Anda terhindar dari penyakit yang mengganggu kesehatan seperti stroke.

6. Mengontrol tekanan darah

Alpukat juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah Anda. Tekanan darah yang baik adalah tekanan darah yang tidak rendah maupun tinggi, sehingga Anda tidak akan merasakan tekanan darah rendah atau hipertensi.

7. Membantu menyerap makanan

Buah alpukat dapat membantu Anda menyerap makanan lebih cepat, sehingga sisa makanan dalam pencernaan Anda tidak menumpuk dan dapat langsung dibuang oleh tubuh sebagai feses.

Baca juga: Jangan Asal Konsumsi, Berikut 11 Manfaat Luar Biasa dari Buah Mangga yang Perlu Anda Ketahui

8. Anti-oksidan

Bahaya radikal bebas saat ini dapat dicegah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang memiliki fungsi anti oksidan, salah satunya buah alpukat. Kandungan gizi buah ini bisa Anda andalkan untuk menangkal efek berbahaya dari radikal bebas.

9. Mengontrol gula darah

Buah alpukat juga mengandung gula alami yang baik untuk tubuh. Dengan gula alami ini, Anda dapat mengontrol gula dalam darah dengan lebih baik. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih sehat.

10. Mencegah peradangan

Banyak bagian tubuh yang bisa meradang karena faktor tertentu, seperti tenggorokan dan mulut. Cobalah makan buah alpukat secara rutin saat Anda sedang terserang penyakit radang yang mengganggu.