Helo Indonesia

Terbukti Secara Ilmiah, Berikut 5 Manfaat Kesehatan Minyak Lavender untuk Ibu Hamil

Syahroni - Ragam
Jumat, 21 Juli 2023 19:39
    Bagikan  
MInyak lavender
pixabay/ 1195798

MInyak lavender - Manfaat minyak lavender untuk ibu hamil.

HELOINDONESIA.COM - Lavender kini menjadi tumbuhan yang tidak asing lagi karena semakin banyak produk yang menggunakannya sebagai bahan dasar. Tak hanya dibuat untuk kecantikan, manfaat lavender ternyata beragam mulai dari kecantikan hingga kesehatan.

Bunga berwarna ungu ini diyakini tumbuh pertama kali di Mediterania, Timur Tengah, dan India sejak 2.500 tahun lalu. Sejak dulu, tanaman ini dianggap sebagai tumbuhan suci.

Selain memiliki manfaat asli minyak lavender untuk rambut dan kulit, masyarakat saat ini juga menggunakan lavender sebagai minyak esensial yang banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak lavender merupakan salah satu bagian tanaman ini yang banyak digunakan untuk tujuan pengobatan. Di Indonesia, dan banyak negara lain, minyak lavender dikenal luas sebagai bahan aroma terapi karena memiliki aroma yang khas dan efek sedatif.

Selain itu, minyak lavender juga banyak digunakan sebagai minyak rambut yang menyehatkan. Sudah lama dikenal ampuh menjaga kesehatan rambut, menjadi salah satu minyak yang sangat baik untuk merawat bagian tubuh yang indah ini. 

Baca juga: Teh Lavender: 10 Manfaat Kesehatan dan Efek Samping yang Harus Diwaspadai

Minyak lavender masih memiliki banyak manfaat minyak lavender yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya, khususnya, bermanfaat bagi ibu hamil. Wanita hamil bisa menggunakan minyak lavender. Faktanya, ini adalah salah satu dari banyak minyak esensial yang direkomendasikan untuk digunakan, bukan untuk dikonsumsi langsung, tetapi untuk relaksasi. Sebagai minyak herbal yang menyegarkan dan menenangkan, berikut manfaat minyak lavender untuk ibu hamil:

Manfaat Kesehatan Minyak Lavender untuk Wanita Hamil

1. Menghapus Stretch Mark

Sebagai salah satu manfaat lavender untuk kesehatan kulit, menggunakan minyak lavender pada perut ternyata bisa menghilangkan stretch mark. Stretch mark mungkin menjadi masalah yang paling menyebalkan bagi sebagian besar wanita.

Goresan putih kemerahan yang tidak sedap dipandang ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Caranya adalah dengan memijat stretch mark pada kulit menggunakan minyak esensial alami, seperti minyak lavender. Jika dilakukan secara teratur, pijatan dengan minyak esensial dipercaya dapat memudarkan stretch mark.

2. Membuat Kulit Lebih Sehat

Ibu hamil pun harus cantik, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan produk alami. Berbagai jenis essential oil memang ditujukan untuk kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk lavender.

Ada banyak manfaat bagi kulit jika Anda mengoleskan minyak lavender dengan tepat. Masalah jerawat, peradangan pada kulit, hingga eksim bisa diatasi secara perlahan dengan mengoleskan minyak ini. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, jangan khawatir, karena ternyata minyak ini aman untuk digunakan.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada Mei 2017 dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, minyak lavender dapat membantu meredakan peradangan.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, tetap bisa mengoleskan minyak ini dengan mengencerkannya terlebih dahulu di dalam air. Minyak lavender juga mengandung antioksidan yang juga dapat membantu menyembuhkan luka.

Baca juga: Lavender Oil Membuat Tidur Makin Nyenyak, Begini Cara Penggunaannya

3. Mencegah Kerontokan Rambut Saat Hamil

Umumnya, kerontokan rambut biasanya berkurang secara signifikan selama kehamilan karena perubahan hormonal. Namun, ada juga yang mengalami sebaliknya. Rambut menjadi lebih rapuh dan mudah lepas.

Sebenarnya apa penyebab rambut rontok pada ibu hamil dan bagaimana cara mengatasinya?

Setiap 2-3 bulan, sebanyak 10% rambut akan rontok dengan sendirinya. Kondisi kerontokan rambut juga bisa terjadi saat memasuki masa kehamilan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, perubahan hormonal saat hamil dapat mempengaruhi kondisi rambut yang dapat membuatnya menjadi lebih tebal dan tipis.

Jika ingin tetap terkendali, Anda selalu bisa menggunakan minyak lavender. Dengan aromanya yang harum dan elegan, minyak lavender dikenal efektif untuk mengobati alopecia areata, yaitu kondisi rambut rontok di sebagian atau seluruh bagian tubuh.

Sudah sejak lama tanaman ini dipercaya dapat membantu kesuburan rambut. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1998 menunjukkan bahwa lavender mampu meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 44%, terutama saat melakukan perawatan selama 7 bulan.

Melihat semua khasiatnya, minyak lavender sepertinya sulit untuk dilewatkan. Namun jika Anda lebih memilih alternatif, mungkin Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut. Ini benar-benar menyegarkan, tetapi baunya tidak enak.

Baca juga: Bagus untuk Pertumbuhan Janin, Berikut 10 Khasiat Cokelat Bagi Ibu Hamil

4. Menawarkan Terapi Baik untuk Insomnia

Sudah melakukan berbagai cara tapi masih susah tidur? Insomnia tidak boleh dianggap enteng karena akan mempengaruhi banyak aspek kehidupan kita, seperti kesehatan organ dan aktivitas sehari-hari. Tidur itu penting, terutama saat Anda sedang hamil.

Anda bisa mencoba menggunakan minyak esensial lavender untuk mengatasi insomnia yang dirasakan. Khasiatnya telah dibuktikan melalui banyak penelitian

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Association of Critical Nurses pada Maret 2017, menemukan minyak esensial lavender sebagai obat yang efektif untuk mengatasinya. Menerapkannya diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur pasien di unit perawatan intensif (ICU) yang mengalami insomnia.

Sebelum tidur coba taruh beberapa tetes minyak esensial lavender di atas bantal. Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara oral karena minyak lavender tidak dianjurkan untuk diminum.

5. Membantu Meredakan Morning Sickness

Menghirup aromaterapi, seperti minyak lavender, bisa membantu meredakan gejala mual muntah yang kerap menjadi sahabat dekat ibu hamil. Hirup minyak aromaterapi yang menyegarkan seperti minyak lemon atau mint sebagai pilihan terbaik untuk meredakan mual.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan manfaat air kelapa selama kehamilan untuk hasil yang lebih baik. Dengan mereka, pikiran dan tubuh Anda dapat disegarkan sekaligus.