bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh, Rambut, Serta Kulit Jika Rutin Menggunakan Garam Hitam dalam Masakan Anda

Syahroni - Ragam
Selasa, 18 Juli 2023 17:30
    Bagikan  
Garam hitam
ist

Garam hitam - Manfaat kesehatan, rambut dan kulit yang dapat dirasakan jika rutin mengonsumsi garam hitam.

HELOINDONESIA.COM - Garam hitam atau biasa dikenal sebagai Kala Namak menawarkan manfaat bagi kesehatan, rambut, dan kulit Anda. Dari membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan pernapasan hingga meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki kondisi kulit, garam hitam adalah pengobatan alami dengan aplikasi yang beragam. 

Garam hitam adalah bumbu yang terkenal di banyak budaya, terutama di India yang disebut "kala namak". memiliki aroma belerang yang berbeda dan rasa yang sedikit asin dengan sedikit aroma telur panggang. Terlepas dari namanya, garam hitam sebenarnya tidak hitam tetapi memiliki warna abu-abu merah muda karena adanya zat besi dan mineral lain yang memberikan rasa yang unik.

Garam ini banyak digunakan dalam masakan India untuk membumbui hidangan seperti chaat, pakora, chutney, dan acar. Selain rasanya, garam hitam juga memiliki beberapa manfaat kesehatan antara lain membantu pencernaan, meredakan sembelit, dan mengurangi kembung. Garam hitam bukan hanya bumbu penting di banyak dapur India, tetapi juga bahan populer dalam masakan vegan dan vegetarian karena rasanya yang seperti telur.

Baca juga: Jeruk, Garam, Gula, dan Madu, Benarkan Resep TikTok untuk Obati Batuk Ini Ampuh?

Manfaat Garam Hitam

1- Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Meski sering diabaikan, sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mati rasa, kesemutan, dan bahkan penyakit jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggabungkan praktik yang meningkatkan aliran darah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Untungnya, ada banyak cara untuk melancarkan peredaran darah seperti olahraga teratur, pijat, peregangan, bahkan mengonsumsi makanan tertentu. Menerapkan kebiasaan tersebut tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah tetapi juga memberikan manfaat kesehatan tambahan, seperti mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, mulailah merawat sirkulasi Anda hari ini dan raih manfaat kesehatan dan vitalitas yang lebih baik.

2- Membantu penurunan berat badan

Menurunkan berat badan terkenal sulit, tetapi untungnya, ada cara untuk membantu prosesnya. Jika Anda ingin mengurangi berat badan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme. Salah satu metode paling efektif untuk membantu penurunan berat badan adalah dengan memasukkan olahraga teratur ke dalam rutinitas Anda.

Selain itu, membuat pilihan makanan sehat seperti memasukkan protein tanpa lemak, biji-bijian, dan sayuran ke dalam makanan Anda dapat membantu memberi bahan bakar pada tubuh Anda dan mendorong penurunan berat badan. Taktik lain adalah tetap terhidrasi dan menghindari minuman manis atau makanan ringan. Dengan mengikuti tips ini dan memasukkannya ke dalam gaya hidup Anda, Anda dapat memperoleh manfaat dari tubuh yang lebih sehat dan bahagia melalui penurunan berat badan.

Baca juga: Asupan Cairan Sangat Penting untuk Tubuh, Kenali Tanda-tanda Kulitmu Terdehidrasi

3- Meningkatkan kesehatan jantung

Menjaga hati kita sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah melalui olahraga teratur. Baik itu jalan cepat, mengikuti kelas bersepeda, atau berlatih yoga, aktivitas fisik apa pun bermanfaat bagi jantung Anda.

Selain olahraga, menjaga pola makan seimbang juga penting untuk kesehatan jantung. Memilih mengonsumsi makanan utuh dan membatasi makanan olahan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Seiring dengan kebiasaan gaya hidup tersebut, mengurangi tingkat stres dan tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

4- Mengurangi sembelit

Tidak ada yang menyukai ketidaknyamanan dan frustrasi yang menyertai sembelit, tetapi untungnya ada cara untuk meringankannya. Salah satu solusi mudahnya adalah tetap terhidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari. Serat juga merupakan kunci dalam meningkatkan keteraturan, jadi pastikan untuk menambahkan makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian ke dalam diet Anda.

5- Menenangkan kejang otot

Kejang otot bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi dan terkadang menyakitkan, menyebabkan ketidaknyamanan di seluruh tubuh. Untungnya, ada cara untuk meredakan kejang ini dan mengurangi ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Selain dengan garam hitam, dari peregangan dan pijatan hingga kompres panas dan olahraga ringan, ada beberapa teknik yang terbukti efektif mengurangi kejang otot. Selain cara fisik tersebut, ada juga pengobatan alami seperti teh hijau dan jahe yang diketahui memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Baca juga: Lebih Berbahaya Mana Sinar UVA atau UVB jadi Ancaman Kerusakan Wajah dan Rambut?

6- Mengurangi kembung

Apakah Anda pernah merasa kembung setelah makan besar atau ketika Anda merasa stres? Ini adalah perasaan frustasi yang terkadang tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. Untungnya, garam hitam bisa mengatasi kembung secara alami. Cara ainnya adalah dengan banyak minum air putih. Tetap terhidrasi membantu membuang kelebihan natrium dan racun dalam tubuh Anda yang dapat menyebabkan kembung.

Anda juga bisa mencoba makan lebih banyak makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap bergerak, mencegah penumpukan gas dan kembung. Terakhir, menarik napas dalam-dalam atau berlatih beberapa pose yoga yang lembut dapat membantu menghilangkan stres, yang merupakan penyebab umum kembung lainnya. 

7- Dapat mencegah diabetes

Garam hitam juga dapat mencegah diabetes. Studi terbaru menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup dan diet tertentu juga dapat mengurangi risiko diabetes. Aktivitas fisik yang cukup, berhenti merokok, dan tetap terhidrasi adalah beberapa langkah sederhana namun efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes. Memasukkan biji-bijian utuh, sayuran hijau, dan makanan kaya serat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

8- Dapat meredakan kejang otot dan kram

Rutin mengonsumsi garam hitam juga dapat meredakan kejang otot dan kram pada satu titik atau lainnya. Di situlah potensi manfaat pelemas otot masuk. Obat-obatan ini bekerja untuk mengurangi kejang otot dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengannya. Meskipun ada berbagai pilihan yang tersedia, penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan baru apa pun untuk memastikannya aman dan efektif untuk kebutuhan pribadi Anda. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Rahasia Kulit Cantik Tersembunyi dalam Kulit Pisang

9- Manfaat garam hitam untuk kulit Anda

Garam hitam, juga dikenal sebagai kala namak, bukanlah garam meja biasa. Ini adalah jenis garam batu vulkanik yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk kulit Anda. Garam unik ini mengandung mineral alami seperti belerang yang penting untuk menjaga kesehatan dan kulit bercahaya. Saat digunakan dalam perawatan kulit, garam hitam membantu mengurangi jerawat dan komedo dengan membuka pori-pori yang tersumbat, meminimalkan produksi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, sifat antibakteri membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk infeksi kulit dan peradangan. Memasukkan garam hitam ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda adalah cara alami dan terjangkau untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Skin Care Alami, Berikut Ini Manfaat Air Beras untuk Perawatan Kulit Anda

10- Manfaat garam hitam untuk rambut Anda

Garam hitam adalah bahan ampuh yang tidak hanya menambah rasa pada makanan, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk rambut Anda. Jenis garam ini dikenal dengan kandungan belerangnya yang tinggi, yang membantu mendorong pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut. Selain itu, garam hitam merupakan exfoliant alami yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari kulit kepala, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pertumbuhan rambut.

Selain itu, garam hitam juga dapat membantu mengurangi ketombe dan mencegah infeksi jamur, berkat sifat antijamur dan antimikrobanya. Jadi, jika Anda sedang mencari solusi alami untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut Anda, memasukkan garam hitam ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda pasti patut dipertimbangkan.