Helo Indonesia

Nangka: Buah Pengganti Daging yang Memiliki Beragam Manfaat Kesehatan untuk Tubuh Anda

Syahroni - Ragam
Kamis, 13 Juli 2023 17:02
    Bagikan  
Buah nangka
pixabay/ SpencerWing

Buah nangka - Dikenal sebagai pengganti daging dalam program diet vegetarian, nangka juga punya banyak manfaat kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Buah nangka merupakan buah yang dapat menggantikan daging untuk Anda yang vegetarian. Buah pohon besar ini membalik rasanya antara manis dan gurih, tergantung tingkat kematangannya.

Jadi, apakah nangka baik untuk Anda? Ya! Manfaat nangka termasuk menyehatkan jantung, melawan peradangan dan meningkatkan penyembuhan luka. Dilansir dari Cleaveland clinic, ahli diet terdaftar di AS, Gillian Culbertson, RD, menjelaskan manfaat nangka bagi kesehatan dan cara menambahkannya ke dalam makanan Anda.

Apa itu nangka?

Nama ilmiah nangka adalah Artocarpus heterophyllus. Nangka adalah buah pohon tropis yang tumbuh di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Itu milik keluarga tumbuhan yang sama dengan buah ara dan mulberry.

Baca juga: Penyebab Batu Ginjal dan Memperparah Asma, Berikut Efek Samping Berbahaya Buah Kiwi untuk Kesehatan Anda

Di bawah kulitnya yang tebal dan bergelombang terdapat daging kuning berserabut yang bisa Anda makan mentah atau dimasak dalam berbagai hidangan. (Bijinya juga bisa dimakan.)

Nangka adalah buah tular pohon terbesar di dunia, beratnya mencapai 40 pon atau lebih. Untungnya, Anda tidak perlu membuang buah besar ini ke dalam keranjang belanja Anda. Beberapa toko makanan kesehatan menyediakan potongan nangka yang sudah dikupas dan dipotong dalam kantong atau kaleng, siap untuk dimasak atau dimakan.

Namun bagi sebagian orang, nangka tidak aman dikonsumsi.

“Jika Anda alergi lateks atau serbuk sari birch, hindari nangka,” Culbertson memperingatkan. “Kedua alergi ini bisa memiliki reaksi silang dengan nangka.”

Nangka juga memiliki banyak potasium, yang dapat berbahaya bagi orang yang menderita penyakit ginjal kronis (CKD) atau gagal ginjal akut. Orang dengan kondisi ini dapat mengalami hiperkalemia jika mereka mengonsumsi potasium dalam jumlah tinggi. Hiperkalemia adalah penumpukan kalium dalam darah yang dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan, dan serangan jantung.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi? Jangan Khawatir, Buah-buahan Berikut Ini Ampuh untuk Menurunkannya

Manfaat kesehatan buah nangka

Selain menjadi alternatif daging yang enak dan penuh dengan vitamin esensial, masih banyak lagi yang bisa dilakukan buah ini. Mari kita bicara tentang manfaat nangka.

1. Sebagai bagian dari diet jantung sehat

Penelitian menunjukkan bahwa makan nangka berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. “Kombinasi potasium, serat, dan antioksidan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung,” kata Culbertson.

Kalium memerangi efek negatif natrium pada tekanan darah Anda, sementara serat berkontribusi menurunkan kadar kolesterol Anda.

2. Membantu melawan peradangan

Nangka kaya akan vitamin C, yang menurut penelitian dapat membantu mencegah peradangan. “Penelitian juga menunjukkan bahwa nangka juga mengandung flavonoid dan lignan, senyawa tumbuhan yang dapat membantu melawan peradangan,” catat Culbertson.

Semua antioksidan yang ditemukan dalam nangka ini melindungi sel Anda dari peradangan dan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Baca juga: Mulai dari Menjaga Kulit Tetap Segar, Hingga Menguatkan Tulang, Berikut 9 Manfaat Buah Markisa

3. Membantu mengontrol kadar gula darah

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya manfaat potensial ini, diyakini bahwa nangka dapat membantu mengatur gula darah Anda. Pertama, nangka memiliki skor indeks glikemik (GI) rendah, yang berarti memakannya tidak akan memengaruhi kadar glukosa darah Anda seperti makanan lain dengan skor lebih tinggi.

Kedua, sebuah penelitian menunjukkan bahwa daunnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa. Studi lain menunjukkan bahwa kulit nangka dapat mencegah lemak dan karbohidrat kompleks terurai menjadi gula. Kedua penelitian tersebut dapat bermanfaat untuk mengelola diabetes.

Baca juga: Berikut 5 Khasiat Buah Jamblang, Anggur Betawi yang Kini Mulai Jarang Ditemukan

4. Meningkatkan penyembuhan luka

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari daun nangka dapat meningkatkan penyembuhan luka, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamurnya dapat berkontribusi pada kesehatan kulit.

“Orang kuno menggunakan nangka sebagai obat,” kata Culbertson. “Dalam pengobatan tradisional, di mana nangka ditanam, orang telah menggunakannya untuk sifat antimikroba dan antijamurnya.”