Helo Indonesia

Berikut 5 Khasiat Buah Jamblang, Anggur Betawi yang Kini Mulai Jarang Ditemukan

Syahroni - Ragam
Minggu, 2 Juli 2023 21:27
    Bagikan  
Buah jamblang atau duwet.
ist

Buah jamblang atau duwet. - Buah jambalng memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

HELOINDONESIA.COM - Ragam buah-buahan di dunia sangat bervariasi dan masing-masing memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing, salah satunya adalah buah jamblang. Di Indonesia, buah yang memiliki nama ilmiah Syzygium cumini ini biasa disebut dengan buah Jamblang, Duwet, atau banyak dikenal juga sebutan anggur betawi. Buah ini merupakan buah khas dataran Asia karena hanya bisa ditemukan di negara tertentu di Asia, salah satunya di Indonesia.

Jamblang, mungkin namanya tidak setenar nama buah-buahan pada umumnya seperti anggur, strawberry dan lainnya. Namun Anda jangan salah, meski namanya tidak begitu populer, khasiat yang terkandung di dalamnya cukup mengejutkan, berikut 5 manfaat buah jamblang yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Cegah Penyakit Jantung

Buah jamblang, merupakan buah yang kaya akan berbagai nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang memiliki sifat inflamasi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan kolesterol dalam tubuh, sehingga memiliki andil yang besar untuk menurunkan resiko stroke atau penyakit jantung.

Baca juga: Jangan Remehkan Buah Belimbing, Ternyata Bisa Sembuhkan Diabetes, Ini Penjelasanya

2. Meningkatkan daya imun dan juga memperkuat tulang

Dalam satu buah Jamblang mengandung berbagai zat yang menunjang pertumbuhan dan juga kesehatan. Kandungannya adalah kalsium, zat besi, potasium dan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan massa tulang serta menguatkannya.

3. Mengatasi Anemia

Jika anda adalah penderita anemia berat atau darah rendah, ada baiknya anda mengkonsumsi buah Jamblang. Karena buahnya banyak mengandung zat bermanfaat seperti vitamin C dan zat besi. Dimana kedua zat tersebut memang sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Biji Kakao Bagi Kesehatan Tubuh Anda

4. Penangkal Diabetes

Diabetetes saat ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan manusia. Ya, penyakit yang satu ini bahkan sudah menjadi budaya di masyarakat dan trend masa kini. Oleh karena itu keberadaan buah jamblang cukup membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Zat yang terkandung dalam buah jamblang memiliki manfaat dalam mengurangi resiko serangan penyakit diabetes karena terbukti dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh sebanyak 30 persen.

5. Mencegah kanker

Manfaat buah jamblang dalam mengatasi kanker telah terungkap melalui beberapa penelitian ilmiah, dimana keberadaan buah ini telah membawa sifat radioprotective dan chemoprotective yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Itulah 5 manfaat penting buah jamblang yang mungkin belum anda ketahui, semoga bermanfaat untuk anda.