bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ini Batas Waktu Yang Dianjurkan Untuk Menyimpan Daging di Kulkas, Jangan Kelamaan

Drajat Kurniawan - Ragam
Jumat, 12 Mei 2023 22:06
    Bagikan  
Menyimpan Daging di Kulkas
Daging

Menyimpan Daging di Kulkas - Menyimpan Daging di Kulkas

HELOINDONESIA.COM - Menyimpan daging di kulkas bermanfaat agar tetap segar dan tetap layak dikonsumsi. Namun menyimpan daging di kulkas memiliki batas waktu yang berbeda untuk tiap jenis daging.

Sebelum membahas soal batas waktunya, jenis daging pun harus diketahui terlebih dahulu. Ada empat jenis daging yang biasa disimpan di dalam kulkas. Pertama daging merah, kemudian makanan laut, daging unggas, dan daging olahan.

Nah untuk tiap-tiap jenis daging, Berapa lama daging bisa disimpan di kulkas? Simak uraian berikut mengenai batas waktu untik penyimpanan di kulkas.

Baca juga: 5 Minuman Dari Bahan Alami Ini Ampuh Menurunkan Kolesterol

Daging Merah

Uraian mengenai batas waktu penyimpanan daging merah berguna lantaran sebentar lagi akan ada perayaan Idul Adha. Jika memiliki daging kambing atau sapi, ternyata ada batas waktu wajar penyimpanannya. Saat dimasukkan ke dalam kulkas, daging ini bisa bertahan hingga 4 hari.

Namun jika ingin lebih lama, Anda bisa masukkan ke dalam freezer, dan bisa bertahan antara 4 hingga 12 bulan. Namun tergantung kondisi daging. Jika sudah berubah warna atau tidak lagi segar, hindari untuk mengolahnya

Makanan Laut

Produk atau bahan makanan laut dan daging ikan bisa bertahan 1 hingga 2 hari di dalam kulkas. Untuk jenis daging ini akan bertahan lebih lama, hingga 6 bulan, saat dimasukkan ke dalam freezer.

Namun untuk ikan-ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan sejenisnya, hanya dianjurkan untuk penyimpanan 2 hingga 3 bulan saja.

Baca juga: Fakta-fakta Keampuhan Aromaterapi dalam Pengobatan Tradisional

Jenis Daging Unggas

Sama seperti penyimpanan daging merah dan makanan laut, jenis daging ayam, bebek, burung dara, dan unggas lain bisa bertahan selama dua hari di dalam kulkas. Jika dimasukkan ke dalam freezer, daging jenis ini bisa bertahan hingga 12 bulan dalam kondisi utuh. Dalam bentuk potongan, daya tahannya di dalam freezer adalah sekitar 9 bulan.

Jika sudah diolah, daging unggas ini memiliki daya tahan antara 3 hingga 4 hari sebelum kemudian dimasak kembali.

Daging Olahan

Untuk jenis terakhir, jenis daging olahan seperti daging asap, sosis, kornet, hingga salam, bisa disimpan dan tetap dalam kondisi baik dalam waktu hingga 7 hari. Namun jika dimasukkan ke dalam freezer, daya tahannya menjadi 1 hingga 2 bulan.

Karena memiliki kemasan yang baik, produk ini cenderung lebih mudah disimpan di dalam freezer.

Tags
Kesehatan