Helo Indonesia

6 Keistimewaan Membaca Surat Al Waqiah, Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Restiyan Ningsih - Ragam
Rabu, 28 Februari 2024 20:04
    Bagikan  
Surat Al Waqiah
Freepik

Surat Al Waqiah - Surat Al Waqiah

HELOINDONESIA.COM - Salah satu surat Alquran yang memiliki keistimewaan adalah surat Al Waqiah, manfaat surat Al Waqiah akan mulai terasa dalam jiwa.

Manfaat surat Al Waqiah didapat dari keistimewaannya bagi muslim. Manfaat surat Al Waqiah sering dikaitkan dengan kelimpahan rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan.

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Baca juga: Tujuh Pemain Baru Datang, Persedikab Kediri Coret Lima Pemain yang Dinilai Tidak Memberikan Kontribusi

“ Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Melansir berbagai sumber berikut manfaat surat Al Waqiah.

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Surat Al Waqiah, memiliki keistimewaan menghindarkan kita dari kemiskinan.

2. Tidak akan Ditimpa Kefakiran

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran.

Baca juga: Bilangnya SMP Swasta Gratis, Taunya Bayar, Kepala Dindik Pemkot Tangerang Jamaluddin Ngeprank Orangtua Siswa

3. Dilindungi dari Kemudharatan Dunia

Manfaat surat Al Waqiah adalah menjadi pelindung dari kemudharatan dunia.

4. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

5. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

" Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

6. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

" Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).