Helo Indonesia

Efektif Melawan Radikal Bebas Akibat Polusi, Berikut 6 Buah-buahan Mengandung Antioksidan Tinggi

Jumadi - Ragam
Jumat, 13 Oktober 2023 16:35
    Bagikan  
Buah-buahan
pixabay

Buah-buahan - Buah mengandung Antioksidan tinggi

HELOINDONESIA.COM - Buah-buahan banyak mengandung banyak nutrisi yang butuhkan oleh tubuh.

Namun, disaat kondisi polusi yang semakin memburuk seperti saat ini, sebaiknya mengonsumsi buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Pada umumnya, buah-buahan memiliki kandungan antioksidan, namun beberapa jenis buah memiliki jumlah kandungan yang berbeda-beda.

Baca juga: Satpol PP Akan Tindaklanjuti PKL yang Masih Bandel di Pasir Gintung

Berikut buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi.

1. Delima

Buah delima diketahui memiliki antioksidan yang tinggi karena kaya akan flavonoid, antosianin, dan ellagitanin.

Kandungan tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka, mencegah komplikasi penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan usus besar.

2. Jeruk

Buah jeruk diketahui memiliki sifat antioksidan dari flavonoid, karotenoid, dan vitamin C.

Dengan kandungan tersebut, buah antioksidan tinggi ini dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dan melindungi sel tubuh.

3. Mangga

Buah mangga juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga kaya akan kandungan antioksidan.

Buah ini mengandung beta karoten yaitu jenis antioksidan yang memberikan warna kuning-oranye pada buahnya yang berfungsi melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Baca juga: Polres Tanggamus Ikut Pembekalan Pemilu 2024 Secara Offline dan Online

4. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat penuaan, dan mencegah kerutan kulit..

Kandungan antioksidan dalam jambu biji juga dapat mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker.

5. Buah beri

Beri adalah jenis buah antioksidan tinggi yang bermanfaat dalam mencegah peradangan dan stres oksidatif penyebab diabetes.

Selain itu,  buah beri juga dapat menjaga imunitas tubuh karena kandungan polifenol di dalamnya berfungsi meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melawan patogen dari luar tubuh saat diperlukan.

Baca juga: Menyebabkan Kulit Kering Hingga Alergi, Berikut 6 Dampak Buruk Penggunaan Air Conditioning (AC) Secara Berlebihan

6. Ceri

Buah ceri memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melawan stres oksidatif sehingga bisa mencegah penyakit kronis serta penuaan dini.

Ceri juga sangat tinggi polifenol yang dapat mendukung antioksidan untuk membantu mengurangi risiko penyakit seperti jantung, diabetes, dan kanker.