Helo Indonesia

Demokrat Akan Dorong AHY Jadi Cawapres Ganjar, PDIP : Wajar-wajar Saja Namanya Ketum Partai

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Selasa, 12 September 2023 23:58
    Bagikan  
Puan-AHY Gelar Pertemuan
(Ist)

Puan-AHY Gelar Pertemuan - (ist)

HELOINDONESIA.COM - PDIP menganggap wajar jika Partai Demokrat bergabung bersama koalisinya dengan membawa proposal calon wakil presiden (cawapres) usungannya, yaitu AHY.

Terlebih, nama AHY memang sempat disebutkan oleh Puan, masuk dalam radar cawapres Ganjar beberapa waktu lalu. “Dari sisi kacamata saya wajar-wajar saja namanya juga ketum partai,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah dalam keterangannya, Selasa.

Pernyataan Puan Maharani, AHY masuk dalam bursa Cawapres Ganjar disampaikan usai bertemu dengan AHY di Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (18/6/2023) lalu.

Pertemuan tersebut saat partai berlogo bintang mercy itu masih berada di dalam koalisi perubahan bersama Nasdem dan PKS untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Baca juga: Pengamat Sebut Peluang Sandiaga Untuk Jadi Cawapres Ganjar Sudah Hampir Mustahil

Kini, Demokrat telah mencabut dukungan untuk Anies Baswedan dan telah hengkang dari Koalisi Perubahan. Demokrat tengah berencana membangun koalisi baru atau Bergabung dengan koalisi partai yang sudah ada.

PDIP langsung membuka pintu bagi Demokrat untuk bersama-sama mengusung calon presiden yang sudah ditetapkan partainya yaitu Ganjar Pranowo.

Bahkan Partai berlambang banteng itu memberi sinyal adanya pertemuan lanjutan antara Puan Maharani dan AHY. Dalam pertemuan lanjutan tersebut diprediksi Demokrat akan membuat keputusan terkait arah dukungannya di Pilpres 2024.

Baca juga: PPP Klaim Cawapres Ganjar Telah Mengerucut Satu Nama

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah menyebutkan bahwa antara pihaknya dengan Partai Demokrat terus membangun komunikasi.

Bahkan Dikatakannya, komunikasi yang dilakukan pihaknya dengan Demokrat lebih intens setelah keluarnya mereka dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).
Dengan terbukanya jalan komunikasi ini, ia menyebut bahwa potensi mereka untuk bergabung dalam koalisi pengusung calon presiden (capres) Ganjar Pranowo semakin besar.

“PDIP dan Demokrat telah membangun berbagai komunikasi. Dari pertemuan tersebu, kami sangat welcome dan intens sekali bangunan komunikasi yang kami hubung dengan kawan-kawan demokrat,” kata Said kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Baca juga: Hasto PDIP Soal Peluang AHY Jadi Cawapres Ganjar : Ranah Megawati

Komunikasi antara kedua partai juga sejalan dengan kebersamaan kadernya dalam keanggotaan di DPR RI."seperti Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang merupakan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersamaan dengan Said yang merupakan Ketua Banggar. Laluz Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya yang sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat," paparnya.

Melihat keadaan itu, dia mengklaim, pertemuan antara masing-masing ketua partai, yakni Puan dan AHY hanya tinggal menunggu waktu yang tepat. "Supaya berlabuhnya kedua belah pihak, bounding-nya (dan) ikatan batinnya, sah,” kata Said.

Said pun menyebut bahwa dirinya memiliki keyakinan bahwa partai berlogo mercy tersebut dapat bekerja sama memenangkan capres Ganjar di Pilpres 2024. “Saya kok datang pada satu keyakinan Demokrat bisa bersama-sama PDIP untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres,” ujarnya.