Helo Indonesia

PPP Klaim Cawapres Ganjar Telah Mengerucut Satu Nama

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 11 September 2023 16:30
    Bagikan  
Romahurmuziy
Foto : Tangkapan Layar

Romahurmuziy - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklaim dalam pembahasan calon wakil presiden atau cawapres di pertemuan para ketua umum partai politik pengusung Ganjar Pranowo, hanya ada satu nama mengerucut.

"Hanya satu nama yaitu Pak Sandi yang muncul di pertemuan para ketum pekan lalu,” kata Ketua Majelis Pertimbangan PPP M Romahurmuziy kepada wartawan, Senin (11/9).

Dia menyebut dalam pertemuan itu dihadiri oleh Ketum Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Hanura Oeusman Sapta Odang (OSO), dan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo. Pertemuan digelar di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng pada Senin (4/9) lalu.

Munculnya nama Sandiaga Uno, menurut dia, karena hanya PPP yang mengajukan nama cawapres, yaitu Sandi sesuai hasil Rapimnas PPP 17-18 Juni lalu. 

Baca juga: PPP Heran Soal kabar Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar : Golkar Bukan Bagian Koalisi PDIP

"Sedangkan para ketum lainnya tidak mengajukan nama cawapres siapa pun sehingga praktis, tidak ada nama lainnya," ujarnya.

Meski demikian dia menyampaikan bahwa disepakati dalam pembahasan tersebut untuk mengadakan pertemuan reguler yang akan fokus pada penentuan nama cawapres. 

"Disepakati ada pertemuan regulet hingga pada saat yang tepat nanti akan dibahas dan diputuskan bersama oleh para ketum tentang cawapres Mas Ganjar," terang dia.

Rommy menegaskan, PPP meyakini Sandiaga yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu merupakan sosok yang pas untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Baca juga: Wacana Duet AHY-Sandi , Pengamat Sebut PPP dan PKS Ragu Bentuk Poros Baru

Dia menyebutkan, Sandiaga Uno berpengalaman birokrasi di tingkat nasional, mewakili suara luar Jawa dan berlatar ekonomi. Dia juga mengungkapkan jika Sandiaga memiliki pengalaman di Pemilu sebelumnya saat menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto. Karena itu diyakini dia memiliki fanbase yang jelas.

Dalam pertemuan reguler anytar ketum parpol itu, Rommy juga mengungkapkan, pembahasan tetap berdasarkan kondisi politik mutakhir.

Koalisi pengusung Ganjar imbuh dia, tetap membuka pintu bagi partai-partai lain yang belum berkoalisi atau berubah haluan dari koalisi Sebelumnya.

Diberitakan sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan sejumlah nama masuk dalam kandidat potensial cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Nama-nama tersebut yaitu Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud mD dan Ridwan Kamil.