Helo Indonesia

Politisi PKB Skakmat Yenny Wahid Soal Banyak Kyai NU Bersimpati kepada Prabowo

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Kamis, 7 September 2023 17:02
    Bagikan  
Prabowo, Yenny Wahid
Facebook / Prabowo Subianto

Prabowo, Yenny Wahid - Yenny Wahid saat bertandang ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, rabu 6 September 2023. (Foto: Prabowo Subianto / Facebook)

HELOINDONESIA.COM - Kubu PKB mengkritik Yenny Wahid yang menyebut bahwa banyak kyai NU (Nahdlatul Ulama) banyak yang simpati kepada Prabowo Subianto. Itu disampaikan Yenny saat berkunjung ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jaksel, Rabu 6 September.

Kritik PKB disampaikan karena Ketua PBNI KH Yahya Staquf telah menyatakan pengurus PBNU tidak boleh ikut-ikutan dalam politik. Kalau membaca komentar, politisi PKB Umar Hasibuan, rasanya kritikan itu skakmat bagi Yenny Wahid, yang juga pengurus PBNU.

Dalam kritikan itu, Umar Hasibuan mempertanyakan kepada Pak Yahya (Ketua Umum PBNU Yahya Staquf) yang sudah menggariskan tidak boleh membawa-bawa NU ke arena politik.

“Ini gmn pak Yahya. Kata pak yahya kan gak boleh bawa2 NU kepolitik aplg pilpres. Yenny kan pengurus PBNU,” ungkap Umar Hasibuan, di X (Twitter) dengan akun @Umar_Hasibuan_.

Baca juga: Jor-joran, Kalau Menang PKS Gratiskan Pajak Motor, PSI Bikin BPJS Gratis, Gerindra Beri Makan Gratis, PKB Janji BBM Gratis, Gimana Caranya?

Ia mempertanyakan kepada KH Yahya, terkait pernyataan Yenny Wahid yang mengatakan, banyak Kyai NU bersimpati kepada Prabowo.

“Kmrn Yenny ketemu prabowo bilang byk kiayi NU dukung prabowo. Mohon penjelasannya pak Yahya. Terimakasih,” lanjut Umar Hasibuan.

Postingan politisi PKB Umar Hasibuan itu mendapat tanggapan beragam dari para netizen. Di antaranya bernada menyindir, kalau kubu kamu nggak boleh, kubu sini boleh.

Baca juga: Demokrat Sulit Merapat ke Kubu Prabowo, Pengamat : Gerindra Didukung PKN Anas Urbaningrum

“Kubu kamu ga boleh bawa2 nama NU buat kampanye, tp kalo kubu saya boleh.. gitu deh maksudnya,” tulis netizen dengan akun @muhammadsyakur2.

“Gus Yahya akan kewalahan menghadapi sunami kyai dan santri jawa timuran yg siap dan sudah mulai bergerak untuk Amin,” tulis netizen Raden Syamill (@RadenSyamill).

Dia melanjutkan, jaringan itu luar biasa sampai ke pelosok dunia. “PBNU yg pro pemerintah akan melongok saja melihat ini. Kali ini beda tujuan dan pertarungannya. Amin For 2024,” ungkapnya.

Baca juga: Rocky Gerung Ungkap Skenario Jokowi di Balik Keputusan Nasdem : Cak Imin Dipilih Untuk Ngerjain Anies di Pilpres 2024

Sebelumnya, Yenny Wahid menyebut banyak kyai Nahdlatul Ulama (NU) yang bersimpati ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ia menyampaikan hal tersebut saat merespons pertanyaan apakah kedatangannya ke kediaman Prabowo pada Rabu  itu  sebagai sinyal dukungan di Pilpres 2024.

"Saya jawab satu aja, saya komentar ya, bahwa banyak sekali kiai-kiai NU yang punya simpati besar terhadap Pak Prabowo," kata Yenny Wahid saat itu. (**)