Helo Indonesia

Gerindra Buka Pintu Bagi Budiman Sudjatmiko Bergabung Usai Dipecat PDIP

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 25 Agustus 2023 13:25
    Bagikan  
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko
Foto : Ist

Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Budiman Sudjatmiko baru saja dipecat PDIP imbas memberikan dukungan untuk calon presiden dari Gerindra, Prabowo Subianto. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Habiburokhman tidak ingin mengomentari lebih jauh terkait dengan pemecatan Budiman itu.

“Kami menghormati mekanisme organisasi di PDIP. Karena itu Kami tdak ingin mencampuri urusan internal terkait pemecatan,” kata Habiburokhman dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Meski demikian dia menyatakan Gerindra membuka pintu bagi setiap orang yang ingin bergabung menjadi kader, termasuk untuk Budiman Sudjatmiko.

"Prinsip, Partai Gerindra adalah partai yang terbuka seluruh warga negara Indonesia. Siapa pun yang menerima Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa menjdi anggota Gerindra,” ujar dia

Baca juga: Pengiriman TKI ke Timur Tengah Dibuka Lagi, DPR Minta Pemerintah Perkuat Perlindungan Perlakuan Pekerja

PDI Perjuangan akhirnya resmi memecat Budiman Sudjatmiko sebagai kader PDIP imbas mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (Bacapres) 2024.

Diberitakan sebelumnya, Pemecatan Budiman sudah dilakukan DPP PDIP. Bahkan surat keputusan DPP PDIP sudah ditandatangani oleh Ketuim PDI Megegawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (24/8).

"Memutuskan, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” demikian bunyi surat tersebut. 

Baca juga: Bela Nelayan Lobster, Artis Wulan Guritno Disebut Menyerang Eks Menteri Susi Pudjiastuti

Budiman Sudjatmiko sebelumnya menyatakan tidak ingin mundur dari PDIP paska mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Dia memilih lebih baik dipecat dari pada mundur dari partai yang diklaimnya telah membesarkan namanya tersebut.