Helo Indonesia

Deretan Putra-putri Politisi Kondang Nyaleg di Pemilu 2024

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Selasa, 22 Agustus 2023 16:38
    Bagikan  
Diah Pikatan Orissa Putri Haprani Putri Sulung Ketua DPR RI Puan Maharani
Foto : Tangkapan Layar

Diah Pikatan Orissa Putri Haprani Putri Sulung Ketua DPR RI Puan Maharani - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Sejumlah putra-putri politisi kondang bakal meramaikan bursa bakal calon legislatif (Bacaleg) di Pemilu 2024.

Diantaranya yaitu Ketua DPR Puan Maharani yang merupakan petahan pada Pileg 2024 kembali maju menuju parlemen. Puan merupakan putri ketua umum PDIP Megawati.

Selain Puan, putrinya bernama Pinka Haprani yang bernama asli Diah Pikatan Orissa Putri Haprani juga meramaikan bursa Bacaleg di Pemilu serentak 2024.

Keduanya sama-sama tercatat dalam DCS (Data Calon Sementara) Bacaleg DPR RI. Namun meski keduanya maju dari wilayah yang sama yaitu Jawa Tengah, Puan dan Pinka berbeda daerah pemilihan (dapil) Jateng. Puan dari Dapil Jateng V, sedangkan Pinka dari Dapil Jateng IV. 

Baca juga: Politisi Demokrat Sebut Pihaknya dan PKS Terus Bersama, Satu Partai Lain Khianati Koalisi, Nasdem?

Dapil Puan tidak bergeser masih sama seperti Pemilu 2019. Dengan nomor urut I pada Dapil Jateng V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta. Pada Pileg 2019, Puan mengantongi 404.034 suara atau menjadi yang terbanyak. 

Pinka juga menempati nomor urut 1 dari Dapil Jateng IV yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri.

Majunya Pinka bersama sang ibu, menambah panjang daftar anak politisi yang meramaikan bursa pileg. Putra eks Menko Perekonomian Hatta Rajasa, yakni M Rasyid Rajasa juga maju sebagai caleg DPR RI dari dapil Jabar I.

Baca juga: Balas Dendam Persik atas Barito, Bakal Ditumpahkan ke PSIS Semarang saat Bermain di Kandang

Kemudiam dari Demokrat yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Putra bungsu Presiden keenam Republik Indonesia sekaligus mantan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, akan berlaga di dapil Jawa Timur VII.

Anak politisi lainnya yang mengikuti jejak orang tuanya beradu nasib untuk kursi DPR RI yaitu Anak-anak dari Ketum Perindo, Harry Tanoesoedibjo juga meramaikan maju dari dapil-dapil berbeda. Mulai dari Jatim I, DKI III hingga NTT II. Seluruhnya, politisi muda.

Dari penelusuran data DCS Bacaleg yang diumumkan KPU, Putri sulung HT, Angela Herliani Tanoesoedibjo tercatat sebagai caleg dari Dapil Jawa Timur I dengan nomor urut serupa. 

Baca juga: Manuver PKB Sia-sia, Peluang Cak Imin Jadi Cawapres Prabowo Menipis

Berikutnya puteri kedua HT, Valencia Herliani Tanoesoedibjo akan bertarung di Dapil DKI Jakarta III untuk mendapatkan kursi parlemen di Senayan. Herliani tercatat menempati nomor urut 1 dalam DCS Perindo. 

Selanjutnya, tidak ketinggalan puteri ketiga HT yaitu Jesicca Herliluani Tanoesoedibjo juga terdaftar sebagai caleg DPR RI dari Dapil Nusa Tenggara Timur II lagi-lagi menempati nomor urut 1 dalam DCS Perindo. 

Kemudian puteri keempat HT, Clarisa Herliani Tanoesoedibjo juga tercatat sebagai caleg DPR RI Perindo dari Dapil Jawa Barat I. Berbeda dengan ketiga kakak serta orangtuanya, Clarisa mendapatkan nomor urut 2 dalam DCS Perindo. 

Baca juga: Artificial Intelligence Semakin Berkembang, Berikut Pengaruhnya Terhadap Jurnalisme dan Media

Adapun putera bungsu HT, Warren Haryputra Tanoesoedibjo turut serta maju sebagai caleg DPR RI dari Dapil Jawa Tengah I dengan nomor urut 2 dalam DCS Perindo. 

Berikut daftar caleg yang merupakan anak dari politisi kondang :

1. Puan Maharani tercatat dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V.

2. Diah Pikatan Orissa Putri Haprani, Puti Puan Maharani dapil Jateng IV.

2. Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas maju dari dapil Jawa Timur VII. 

3. Ravindra Airlangga, putra Ketua Umum Airlangga Hartarto bertarung di dapil Jawa Barat I)

4. Gavriel P Novanto, putra mamtan Ketua Umum Setya Novanto mencoba peruntungan di dapil NTT II 

5. Dave Akbarshah Fikarno, putra Ketua Dewan Pakar Agung Laksono (dapil Jawa Barat VIII)

6. Rasyid Rajasa, putra mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa ikut meramaikan persaingan menuju parlemen di dapil Jawa Barat I. 

7. Hanum Salsabiela, putri Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais, tercatat sebagai bacaleg dapil Sumatera Utara I lewat Partai Ummat.

8. Prananda Paloh, putra Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, caleg dapil Sumatera Utara I.

9. Angela Tanoesoedibjo, anak dari Ketua Hary Tanoesoedibjo (dapil Jawa Timur I)

10. Valencia Tanoesoedibjo, anak kedua Hary Tanoe menjadi bacaleg di dapil DKI Jakarta III

11. Jessica Tanoesoedibjo, anak ketiga Hary Tanoe (dapil Nusa Tenggara Timur II)

12. Clarissa Tanoesoedibjo, anak keempat Hary Tanoe di dapil Jawa Barat I

13. Warren Tanoesoedibjo, putra bungsu Hary Tanoe menjadi bacaleg di dapil Jawa Tengah I