Helo Indonesia

Sosiolog Ini Sebut KPP Terima Usulan 5 Nama Cawapres dari Para Ulama Jatim, dan Klaim HRS Dukung AHY

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Sabtu, 12 Agustus 2023 18:20
    Bagikan  
Anies Baswedan dan AHY
X / @aniesbaswedan

Anies Baswedan dan AHY - Anies Baswedan saat peluncuran buku AHY bertajuk Tetralogi Transformasi AHY, acaranya di Jakarta, 10 Agustus 2023, (Foto: X / @aniesbaswedan)

HELOINDONESIA.COM - Sosiolog Musni Umar mengklaim punya hubungan dekat dengan Habib Riziek Shihab (HRS), yakni sejak dirinya menjadi saksi saat ulama itu menjalani sidang di PN Jaktim tempo hari.

Belakangan dia bertemu HRS, kata dia, tapi tidak menanyakan siapa capres yang akan didukung. Menurutnya, dia juga tidak tanya HRS, mau dukung dan pilih siapa dalam pemilu 2024, karena dia yakin pada saat yang tepat HRS, para ulama dan seluruh jamaahnya akan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan. 

“Saya justru tanya siapa yang HRS  usulkan untuk mendampingi Anies Baswedan menjadi calon wakil presiden pemilu 2024? Dengan tegas menjawab AHY (Agus Harimurti Yudhoyono),” tulis Musni Umar di X (Twitter).

Di sisi lain, dalam tulisan itu, Musni Umar mengawali pendapatnya dengan  paparan bahwa, informasi yang dia dapat, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), telah menerima 5 (lima) usulan para ulama Jatim ( Jawa Timur) tentang calon wakil presiden untuk  mendampingi Anies Baswedan.

Baca juga: Akui di Era Jokowi Jalan Tol Makin Panjang, Rocky Gerung: Tapi Jalan Pikiran jadi Pendek

“Kelima usulan para ulama Jatim untuk dipertimbangkan menjadi calon wakil presiden  atau cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan sebagai calon presiden dari koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) adalah Yenny Wahid, Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),” ungkap Musni Umar.

Para calon wakil presiden yang diusulkan para ulama patut diapresiasi.  Setidaknya ada lima alasannya.  Pertama, suara para  ulama dapat dikatakan adalah suara umat karena mereka hampir tidak ada hari tanpa bersama umat.

Kedua,  ulama merupakan penyambung lidah umat. Apa yang diusulkan para ulama, insya Allah berdasarkan usulan umat yang berada di Grassroots (akar rumput). Usulan tersebut patut diapresiasi karena para ulama dan umat Nahdiyin ikut memikirkan dan berkontribusi  tentang cawapres Anies Baswedan.

Baca juga: PKS Beri Sinyal AHY Jadi Cawapres Anies, Gus Choi : Yenny-Anies Lebih Top Markotop

“Ketiga, ulama menyampaikan usulan calon wakil presiden kepada Anies Baswedan, capres koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) merupakan bukti para ulama melek dan sadar pentingnya politik (siyasah),” ujarnya.

Politiklah yang bisa membawa  kemajuan dan keselamatan umat, bangsa dan negara, jika memilih presiden, wakil presiden dan para menteri serta kepala daerah yang baik. Politik pula yang bisa membawa umat, bangsa dan negara, terpecah dan hancur, jika salah memilih presiden, wakil presiden, dan kepala daerah dalam pemilu dan pilkada.

“Keempat, usulan para ulama tentang para calon wakil presiden kepada Anies Baswedan sebagai capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan dapat dimaknai sebagai bukti mereka mendukung Anies Baswedan dalam pemilu 2024,” tandasnya.

Baca juga: Yenny Wahid Dinilai Jaga Martabat, Tak Ingin Dituding Jegal AHY yang Ambisi Jadi Cawapres Anies

Kelima, dukungan para ulama kepada Anies Baswedan pasti sudah melalui analisis dan kajian yang mendalam melalui halaqah para ulama. “Mereka mendukung Anies Baswedan sebagai salah satu bakal  capres 2024, insya Allah untuk menyelamatkan umat, bangsa dan negara yang sedang tidak baik-baik saja,” tulis sosiolog Musni Umar.

HRS Dukung AHY

Beberapa waktu  lalu saya bersilaturrahim dengan Imam Besar Habib Rizieq Shihab, MA., Ph.D.,  di kediamannya di Petamburan, Jakarta Barat.

“Saya bersahabat dengan HRS bermula saya menjadi saksi ahli di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam kasus HRS di  RS Ummi Bogor, yang dituduh menyebarkan berita bohong yang  menimbulkan keonaran,” ujarnya.

Baca juga: Cak Imin Salaman Akrab dengan Anies, PKB Minta Doa Biar Sah Pasangan Ideal Moderat dan NU

“Dalam silaturrahim saya dengan HRS, saya berbicara empat mata. Dia memberitahu saya sudah ada utusan bakal calon presiden RI yang menemuinya untuk minta dukungan. Akan tetapi, imam besar itu belum memberi dukungan kepada  siapapun,” lanjutnya.

Dia mengaku tidak menanyakan apakah dia mendukung Anies Baswedan pemilu 2024 karena sewaktu di penjara Bareskrim, saya sempat menjenguk dan lama berdiskusi.

Salah satu yang dia informasikan bahwa  pemilihan presiden 2019, dia dan para ulama serta beberapa partai politik meminta  Anies Baswedan menjadi calon presiden RI, tetapi Anies menolak. Alasannya  tidak ingin mengkhianati Prabowo yang mencalonkan dirinya menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017 dan warga DKI Jakarta.

Baca juga: PKS Beri Sinyal AHY Jadi Cawapres Anies, Gus Choi : Yenny-Anies Lebih Top Markotop

Dalam silaturrahim tersebut saya tidak tanya HRS, mau dukung dan pilih siapa dalam pemilu 2024, karena saya yakin pada saat yang tepat HRS, para ulama dan seluruh jamaahnya akan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan. 

“Saya justru tanya siapa yang HRS  usulkan untuk mendampingi Anies Baswedan menjadi calon wakil presiden pemilu 2024? Dengan tegas menjawab AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). Alasannya dia putra terbaik memenuhi syarat. HRS tidak menjelaskan lebih jauh syarat yang dipenuhi AHY,” kata Musni Umar.

Kriteria seorang pemimpin yang memenuhi syarat  menurut Islam,  pertama, jujur, berintegritas (Shidiq), terpercaya, memiliki kredibilitas (amanah), cerdas, memiliki kapabilitas (Fathanah),  terbuka, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik (tabligh) serta adil untuk semua. (**)