Helo Indonesia

Yenny Wahid Dinilai Jaga Martabat, Tak Ingin Dituding Jegal AHY yang Ambisi Jadi Cawapres Anies

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Sabtu, 12 Agustus 2023 16:42
    Bagikan  
AHY dan Yenny Wahid
Instagram / @yennywahid

AHY dan Yenny Wahid - Foto yang diunggah Yenny Wahid, tampak dirinya selfie dengan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). (Foto: Instagram / @yennywahid )

HELOINDONESIA.COM - Di tahun politik, ada empat nama anak mantan Presiden RI yang berkibar dalam pergulatan menghadapi Pilpres 2024. Keempatnya adalah Puan Maharani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gibran Rakabuming Raka, dan Yenny Wahid.

Puan Maharani putri dari Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, AHY putra presiden keenam SBY, Gibran putra Presiden ketujuh Joko Widodo alias Jokowi, dan Yenny Wahid putri Presiden keempat KH Abdurahman Wahid aias Gus Dur.

Keempatnya punya pendukung masing-masing, bahkan pendukung fanatik. Puan Maharani punya massa pendukung dari kalangan PDIP, AHY pendukungnya massa Partai Demokrat.

Kemudian, Gibran Rakabuming tentunya massa pendukung atau relawan Jokowi dan Gibran sendiri juga punya relawan. Sedangkan Yenny Wahid punya massa Gusdurian, dan juga kalangan NU.

Baca juga: PKS Beri Sinyal AHY Jadi Cawapres Anies, Gus Choi : Yenny-Anies Lebih Top Markotop

Sejauh ini, Puan Maharani sudah tersisih dari babak awal bakal capres, tapi sebagian orang ada yang masih berharap PDIP merevisi pencapresan Ganjar Pranowo, dan diganti dengan Puan.

Sedangkan AHY, oleh Partai Demokrat diupayakan bisa menjadi cawapres Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Gibran Rakabuming Raka juga diupayakan soal umurnya yang belum 40 tahun, konon uji materi ke MK agar diturunkan syarat umur capres cawapres menjadi 35 tahun juga untuk memberi jalan bagai Gibran.

Sedangkan, Yenny Wahid tidak berparpol, kini diperhitungkan di bursa capres. Ketiga koalisi tertarik padanya. Yenny Wahid sendiri mengaku dekat dengan bakal capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Baca juga: Ini Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris di SCTV dan Vidio Sabtu 12 Agustus 2023

Yenny Wahid sempat bersautan di X (Twitter) dengan politisi Partai Demokrat Jansen Sitindaon. Jansen menolak Yenny Wahid jadi cawapres di Koalisi Perubahan, tidak cocok katanya.

Yenny menjawab dan terlihat nada tidak suka, tapi juga mengatakan, dirinya mendukung AHY jadi cawapres Anies Kemudian di tayangan teve, Yenny menyatakan Anies-AHY sudah pasangan yang paling cocok.

Nah, soal anak-nak para mantan Presiden itu mendapat perhatian juga dari kritikus Faizal Assegaf Dia menuliskan dalam unggahan di X (Twitter) dengan judul: Lomba Politik Dinasti, Empat Anak Penguasa…”

Baca juga: DPR: Layanan Publik yang Dilakukan Kepolisian Sudah Selaras dengan Nilai Presisi

Menurut dia, di buku saku SBY, nama Puan Maharani sudah dicoret, gagal diusung Megawati. Yang kini menjadi sorotan serius Cikeas adalah Gibran dan Yenny Wahid membayangi hajat AHY.

Teater jelang pilpres 2024. Kata diam tiga anak mantan presiden (Yenny, Puan dan AHY), plus putera Jokowi yakni Gibran, terus diperbincangkan. Berlomba merebut peluang jadi Cawapres.

“SBY selama 10 tahun bekerja keras demi AHY masuk ke pusat kekuasaan. Tak ubahnya Megawati memanjakan Puan Maharani. Lucunya Jokowi kian putar otak agar Gibran dipungut Prabowo,” ujarnya.

Baca juga: Cak Imin Sebut Rp 40 Milyar, Ongkos Politik Untuk jadi Anggota Legislatif di Jakarta

Namun yang menarik, lanjutnya, Yenny Wahid dinilai jauh lebih matang dan tidak punya ambisi. Tak heran, ketika nama Anies - Yenny muncul di ruang publik, menuai simpati dan dukungan yang luas.

“Yenny Wahid memiliki hubungan yang kuat dengan jejaring dan basis Nahdliyin di Jatim, Jateng, Jabar dan Banten. Dan dikalangan kiyai sepuh maupun struktur ormas NU, cukup signifikan.”

Namun putri almarhum Gus Dur tersebut cenderung santai dan menjaga martabat. Yenny sangat tenang, legowo dan tak ingin dituding menjegal AHY yang sangat berambisi jadi Cawapres.

Baca juga: Cak Imin Salaman Akrab dengan Anies, PKB Minta Doa Biar Sah Pasangan Ideal Moderat dan NU

“Bahkan Yenny menyindir, AHY pantas berpasangan dengan Anies. Publik membaca, sikap elegan itu sebagai pesan kuat bahwa: Demokrat mengunci NasDem dan PKS, harus AHY Cawapres,” tulis Faizal Assegaf (@faizaalassegaf).

Walhasil, SBY, AHY dan elite Demokrat, makin terlihat kaku. Tidak berbesar hati mengakui Anies - Yenny Wahid adalah pasangan yang ideal. Kedua tokoh bukan Ketum partai, tentu jauh lebih afdol.

“Sebaliknya AHY yang bermodalkan Ketum partai, semakin ngotot. Selain mengadu nasib untuk dipinang Anies. Juga mulai asyik bermain mata dengan PDIP agar dilirik Ganjar. Jelas tidak elok!” ungkap Faisal Assegaf yang melabeli dirinya sebagai kritikus itu. (**)