Helo Indonesia

Imbas Jika Anies Pilih Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres, Raup Suara Pemilih Perempuan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 27 Juli 2023 21:00
    Bagikan  
Anies Baswedan
Twitter / @aniesbaswedan

Anies Baswedan - Anies Baswedan diajak Bu Susi Pudjiastuti ke Tempat Pelelangan Ikan di Pantai Pangandaran. (Foto: Twitter / @aniesbaswedan)

HELOINDONESIA.COM - Mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti santer diisukan menjadi cawapres usai pertemuannya dengan bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di Pangandaran, Jawa Barat.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai jika Anies Baswedan menggaet Susi Pudjiastuti untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan menuai keuntungan secara Elektabilitas.

Sebab, pasangan capres-cawapres koalisi perubahan akan saling melengkapi dengan kehadiran sosok wanita. Apalagi, isu yang beredar lawan Anies tidak ada yang berpasangan dengan perempuan.

"Jadi minimal ada pemilih saling melengkapi Anies ada tokoh perempuan yang menjadi bagian dari capres dan cawapres kalau dia (Susi Pudjiastuti) jadi cawapres. Diketahui dari tiga pasang, kalau jadi tiga pasang ini, mayoritas laki-laki tapi ada sosok perempuan," kata Cecep saat dihubungi, Kamis 27 Juli 2023.

Baca juga: Deni Ribowo, Legislator Peduli Anak versi Komnas Perlindungan Anak

Selain itu menurut dia, Anies Baswedan akan mendapat limpahan suara perempuan bila menggaet Susi Pudjiastuti untuk bertarung Pilpres 2024.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah pemilih perempuan di Indonesia mencapai lebih dari 96 juta orang atau sekitar 51 persen dari total jumlah pemilih.

Adapun jumlah pemilih di Indonesia diperkirakan mencapai 187 juta orang pada Pemilu 2024.

Baca juga: TAF Edisi ke-7 Resmi Dibuka, Semi, ini Bukan Sekedar Kerumunan Orang

"Apalagi berdasarkan data jumlah pemilih, yang punya hak pilih itu kan lebih dari mayoritasnya perempuan, nah ini salah satunya (keuntungan Anies memilih Susi jadi cawapresnya)," tutup Cecep.