Helo Indonesia

Peragawati Senior Ratih Sanggarwati Berjanji Berikan 30 Ribu Beasiswa Jika Terpilih Jadi Anggota DPR

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Selasa, 11 Juli 2023 22:13
    Bagikan  
Ratih Sanggarwati
Ist

Ratih Sanggarwati - Ratih Sanggarwati saat diskusi di DPR, 11 Juli 2023. Ratih akan maju jadi caleg dalam Pemilu 2024, lewat Partai Gelora. (Foto: Ist)

HELOINDONESIA.COM - Peragawati senior Ratih Sanggarwati berjanji akan memberikan sekitar 30 ribu beasiswa untuk masyarakat. Namun, Ratih Sanggarwati punya nadzar itu kalau dirinya terpilih menjadi anggota DPR pada 2024.

Dalam hal ini, Ratih Sanggarwati akan maju dalam Pemilu 2024 sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan Jawa Timur V Malang Raya, (yang meliputi Kota/kabupaten Malang dan Kota Batu) dari Partai Gelora.

Hal itu disampaikan Ratih Sanggarwarti saat menjadi narasumber dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema 'Caleg Artis Dobrak Hegemoni Politik' yang digelar di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta.

Diskusi tersebut juga dihadiri Anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Arzeti Bilbina dan caleg Partai Solidaritas Indonesia  Diadbadai Hollo (Badai Krispatih).

Baca juga: Mengapa Makan di Malam Hari Lebih Berbahaya Ketimbang Siang Hari, Simak Penjelasan Ilmiahnya

Pada kesempatan itu dia membagikan pengalaman uniknya saat menjadi Anggota DPR  Periode 2014-2019 lalu. Saat itu, Ratih duduk di Komisi X yang membidangi pendidikan selama 18 bulan dari Mei 2018 hingga Oktober 2019 dari partai lamanya.

Menurut Ratih, pentingnya seorang wakil rakyat memberikan kontribusi yang berarti kepada masyarakat. Salah satu kontribusi diungkapkannya adalah upayanya membawa beasiswa ke dalam lingkup Komisi X DPR.

"Dalam pengalaman tersebut, kami berhasil membawa beasiswa untuk masyarakat. Apabila saya terpilih akan duduk di Komisi X, maka akan menyampaikan kepada masyarakat bahwa terdapat sekitar 30 ribu beasiswa yang dapat kami berikan. Ini adalah hal yang ingin kami sampaikan kepada mereka," ujar Ratih, Selasa  11 Juli 2023.

Baca juga: Banyak Tokoh Muda Bergabung, Taruna Merah Putih Siap Gas Pol

Ratih Sanggarwati yang juga Ketua Bidang Perempuan DPN Partai Gelora ini mengatakan, setiap caleg yang maju di Pemilu 2024 harus memperhatikan dengan seksama kebutuhan khusus daerah pemilihannya.

Ratih menggambarkan Malang Raya sebagai kota yang kaya akan perguruan tinggi dengan sekitar 90 institusi pendidikan tinggi.

Sehingga setiap kali berkesempatan bertemu dengan akademisi, Ratih berusaha untuk menyampaikan pesan yang relevan dengan dunia pendidikan. Bahkan, ketika melakukan kunjungan kerja di Universitas Brawijaya, Ratih dan Rekan-rekan dari Komisi X mendengarkan para calon profesor tentang beratnya tugas Jurnal.

Baca juga: Gagal Cegah RUU Kesehatan Jadi UU, PKS Minta Maaf Terlebih Alokasi Wajib Anggaran Kesehatan Dihapuskan

Dia kemudian menyampaikan hal tersebut kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hingga ada kesepakatan.

"Tidak mudah menyampaikan visi dan misi kepada orang-orang yang anti politik, karena mereka selalu berpendapat bahwa memilih seorang calon hanya menghasilkan janji-janji kosong,sesuai dengan pengalaman mereka dalam memilih yang lalu.

Namun, ketika kita sudah bekerja, kita dapat menyampaikan segala hal yang telah kita lakukan," tegas Ratih.

Baca juga: Jauh Berbeda dengan Susu Sapi, Berikut 13 Efek Samping Susu Almond Yang Harus Anda Ketahui

Penting juga menyampaikan kepada konstituen Tugas utama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), adalah terkait pembuatan undang-undang, penganggaran, dan pengawasan.

Ratih sangat menyadari bahwa dengan popularitasnya sebagai figur publik, ia memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap masyarakat. Oleh karena itu, ia selalu berusaha untuk memberikan konten yang berkualitas.

"Para sahabat tidak boleh malas mengisi diri. Jika, misalnya, di komisi IV mencari hal-hal yang berkaitan dengan pemilih, contoh umpamanya Mas Badai, seorang penyanyi, tampil, dia telah berhasil mendapatkan setengah dari perhatian konstituen,tapi jika dapat menyampaikan apa saja yg dapat disampaikan ke mereka yg berkaitan dengan mitra komisi lV ,waaah perhatian bisa penuh itu” jelas Ratih.

Baca juga: Jangan Percaya Rekrutmen Polri Bayar, Pasti Dibohongi

Karena pengalaman di Komisi X maka dia menyampaikan bahwa akan membawa hal-hal yang berkaitan dengan para Mitra ,yaitu Kementerian Pendidikan, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kemeterian Pariwisata serta Perpustakaan Nasional kepada masyarakat melalui komisi ini, suaranya akan terdengar jelas.

“Inilah beban berat yang kami, sebagai figur publik, harus pikul. Ketika kita terlibat dalam partai politik, jangan hanya menjadi pengumpul suara semata," tambah Ratih.

Ratih menekankan pentingnya memanfaatkan posisinya untuk memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat. (*)

(Winoto Anung)