Helo Indonesia

Dengan Sistem Pemilu Terbuka, Semua Caleg Peluangnya Sama

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 15 Juni 2023 17:12
    Bagikan  
Ilustrasi Pemilu
Foto : Ist

Ilustrasi Pemilu - (Freepik)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyambut baik keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang tetap mempertahankan sistem Pemilu secara terbuka.

"Kami bersyukur dan siap melanjutkan proses pemilihan legislatif seusai dengan UU yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan DPR," kata Pria yang akrab disapa Cak Imin kepada wartawan, di Jakarta Kamis (15/6/2023).

"Sekali lagi terimakasih kepada mahkamah konstitusi yang telah dengan baik menyukseskan pemilu tanpa merubah sistem," lanjut dia

Dengan keputusan tersebut, Imin meminta kepada seluruh calon-calon legislatif (caleg) PKB baik DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten Kota untuk memgkebut sosialisasi ke masyarakat.

Baca juga: Ketua PSSI Erick Thohir Inginkan Kompetisi Liga 1 Terbaik di Asia Tenggara, Dua Instruktur Jepang untuk Seleksi 350 Wasit Liga 1 Indonesia

Seba dengan sistem coblos caleg, Imin berpendapat bahwsa posisi nomor urut caleg tidak akan berbeda karena memiliki peluang yang sama. Hal itu sekaligus memupus kekhawatiran para caleg akan adanya perbedaan perlakuan dan prioritas dari DPP PKB.

"PKB menyerahkan kepada rakyat kepada masyarakat bahwa calon-calon yang mendekati masyarakat lah yang perlu dipilih meskipun nomor satu tetap sejajar dengan yang nomor 7, 8, 9 dan 10 sehingga tidak perlu lagi para calon khawatir ada perbedaan perlakuan perhatian atau bahkan prioritas DP PKB," ucap dia.

Wakil Ketua DPR ini mengungkapkan, juga partainya akan memberikan penghormatan penghargaan yang memadai sesuai dengan perolehan kursi. PKB akan memberikan apresiasi dalam bentuk berbagai perhatian termasuk di dalamnya mempertimbangkan meristem karir politik di dalam PKB sesuai dengan perolehan suara. "Semakin banyak didukung rakyat menjadi prioritas menduduki jabatan-jabatan publik lainnya," tuturnya.

Baca juga: Cak Imin Mengaku Keputusan MK Bikin Deg-degan

Imin juga mengajak, semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan pemilu tahun 2024 secara langsung umum bebas rahasia. "Sehingga kami berharap masyarakat memiliki kemayan itu melakukan kontrol pengawasan secara langsung demi suksesnya proses pemilihan umum 2024," tukasnya.