Helo Indonesia

Anies Bicara Penjegalan, Hasto Sebut Sosok yang Tidak Berprestasi Ada Hambatan Dinilai Penjegalan

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Kamis, 8 Juni 2023 12:42
    Bagikan  
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto
Foto : Tangkapan Layar

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto - (YouTube)

HELOINDONESIA.COMKubu Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KKP) dan bakal capresnya, Anies Baswedan sering bicara ada penjegalan agat agar tidak bisa ikut kontestasi Pilpres 2024.

Terhadap isu itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, PDIP tidak pernah melakukan penjegalan.

 Menurut Hasto, jika Anies berprestasi dan mempunyai kinerja yang baik, maka tidak perlu takut dengan berbagai upaya penjegalan terhadap lawan politik, termasuk Anies Baswedan dan koalisinya.

Hasto menilai, tak relevan bicara penjegalan terhadap bakal capres seperti Anies Baswedan karena  kinerjanya selama memimpin DKI Jakarta kurang memuaskan.

Baca juga: Disebut-sebut Sebagai Pohon Ajaib, Berikut Ini Ragam Manfaat Kesehatan Minyak Kelor atau Moringa Oil

Hasto justru menilai, dari sosok itu sendiri yang seakan menciptakan hambatan atau penjegalan. Sosok yang tidak banyak prestasi mudah risau dan menciptakan seperti ada hambatan dari luar.

"Ketika sosok itu tidak punya banyak prestasi, kemudian menciptakan sepertinya ada hambatan dari luar. PDIP tidak pernah menghambat karena kami belajar dari sejarah," ucap Hasto.

Kalau PDIP sendiri, lanjut Hasto, telah mengalami berbagai ujian penjegalan, termasuk Megawati Soekarnoputri dihambat kepemimpinannya melalui Kongres Luar Biasa dan kantor PDIP Jalan Diponegoro yang pernah diserang pada 27 Juli 1996.

"Ketika pemimpin bergerak dengan keyakinan mengakar ke rakyat, seluruh hambatan tidak mampu menggulung keyakinan dari pemimpin. Itu pelajaran terbaik. Itu dilakukan Bung Karno, Bu Mega, presiden Jokowi dan Pak Ganjar," tandas Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Baca juga: 30 Kitab Kuno Koleksi Museum MAJT Rusak, Ini yang Dilakukan Perpus Nasional

Dia mengklaim, tokoh dari PDIP selalu percaya diri untuk maju ke gelanggar Pilpres, dan tidak bicara soal penjegalan. Hasto menilai, Jokowi dan Ganjar Pranowo saat maju ke Pilpres begitu banyak penjegalan, tapi keduanya selalu percaya kepada jalan keyakinan.

"Ketika kita lihat pengalaman dari Bapak Presiden Jokowi ketika dari gubernur melangkah menjadi calon presiden dan kemudian terpilih sebagai presiden, begitu banyak penjegalan, tetapi sikap dari Pak Jokowi, kemudian Pak Ganjar, PDI Perjuangan, selalu percaya kepada jalan keyakinan," ujarnya.

Menurut Hasto, Jokowi dan PDIP selalu mengedepankan prestasi dan kinerja sehingga tidak khawatir dengan berbagai upaya penjegalan. Menurut dia, kinerja yang baik menjadi faktor penentu rakyat memilih para bakal calon presiden

Terkait hal itu, menurut Hasto, jika Anies berprestasi dan mempunyai kinerja yang baik, maka tidak perlu takut dengan berbagai upaya penjegalan.

Baca juga: Karim Benzema Resmi Kenakan Jersey Al Ittihad Hingga 2026

"Terjadi bounding (ikatan) kalau kata Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga pemimpin yang berprestasi selalu dihadapkan pada ujian, tetapi pemimpin yang tidak berprestasi menciptakan ganjalan seolah-olah seperti ujian," kata Hasto. (*)

(Winoro Anung)