Helo Indonesia

Dilantik, 177 Panwaslu Kelurahan di Kota Semarang Diminta Beradaptasi dengan Sistem Kerja

Minggu, 2 Juni 2024 20:09
    Bagikan  
Dilantik, 177 Panwaslu Kelurahan di Kota Semarang Diminta Beradaptasi dengan Sistem Kerja

Pelantikan Panwaslu Kelurahan di Kota Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Proses pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan untuk Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 telah berakhir. Setelah melalui proses seleksi, sebanyak 177 Panwaslu Kelurahan resmi dilantik pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Pelantikan Panwaslu Kelurahan se- Kota Semarang dilakukan serentak di 16 Kecamatan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan. Acara tersebut dihadiri camat setempat, unsur Forkopimcam lainnya, serta tim supervisi dari Bawaslu Kota Semarang.

Baca juga: Komunitas Senam Emak-emak Deklarasikan Dukung Mbak Tika Balon Bupati Kendal

"Bertepatan dengan hari lahir Pancasila, selain sebagai ideologi negara, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam penyelenggaraan Pemilihan. Semangat Pancasila tersebut harus dimiliki Panwaslu Kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugasnya,'' ungkap Arief Rahman Ketua Bawaslu Kota Semarang.

Selain ucapan selamat, Arief Rahman juga menyampaikan bahwa Panwaslu Kelurahan harus memiliki jiwa berani dan tegas dalam mencegah, mengawasi dan menindak setiap tindakan politik uang yang masih terjadi, netralitas ASN/TNI/ Polri, Hoax, politisasi SARA, dan kampanye hitam.

Beradaptasi

Dia berharap, anggota Panwaslu Kelurahan yang telah terlantik segera beradaptasi dengan sistem kerja yang ada, cepat menyesuaikan diri dan memedomani segala peraturan, mulai dari UU Pemilihan, Perbawaslu, PKPU, Petunjuk Teknis dan segala regulasi lainnya.

Baca juga: Terungkap, Alasan Raffi Ahmad dan Dico Ganinduto Ngegas Jateng

''Selain itu, juga melaksanakan instruksi yang diberikan oleh atasan secara berjenjang mengingat pengawasan nantinya terhadap perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sehingga penguasaan terhadap ragam regulasi menjadi penting sebagai bekal mengawasi,'' imbuhnya.

Setelah dilantik, Panwaslu Kelurahan diberi pembekalan mengenai tugas dan fungsinya dalam mengawasi Pilkada 2024. 16 Panwaslu Kecamatan yang bertugas melantik serta memberi pembekalan, sangat antusias dalam mengarahkan jajaran Pengawas Kelurahan untuk meningkatkan kapasitas mereka. (Aji)