Helo Indonesia

Kopi Gama Kendal Gelar Parade Barongan demi Kemenangan Ganjar-Mahfud

Minggu, 28 Januari 2024 17:11
    Bagikan  
Kopi Gama Kendal Gelar Parade Barongan demi Kemenangan Ganjar-Mahfud

Kesenian barongan di Kendal saat berparade untuk mendukung Ganjar-Mahfud. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Bersama 10 Paguyuban Kesenian Singo Barong, Komunitas Pecinta Ganjar- Mahfud (Kopi Gama) Kendal mengkampanyekan pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD kepada masyarakat di Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Minggu 28 Januari 2024.

Kegiatan yang digelar di Desa Sendang Dawuhan diawali kirab kesenian barongan yang berkeliling Desa sambil menyosialisasikan visi misi paslon Ganjar-Mahfud kepada warga sekitar. Kemudian dilanjutkan dengan pagelaran singo barong lengkap tari-tariannya.

Baca juga: Nuansa Pembauran di Umbul Mantram Grebeg Sudiro 2024, Warga Ngalap Berkah

Pada kesempatan tersebut juga terlihat mantan bupati Kendal Widya Kandi Susanti yang saat ini juga mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Jateng 1 berjalan bersama para pelaku seni dan budaya barongan untuk menyapa masyarakat.

Koordinator Kopi Gama Kendal, Bima Bayu Aji mengatakan, kegiatan Parade Barongan digelar dalam rangka menarik simpati masyarakat dalam Pilpres 2024 agar memilih pasangan nomor urut 3 pada 14 Februari 2024 mendarang.

"Sesuai tema kita merawat budaya menuju kemenangan, tujuan kegiatan ini selain nguri-uri budaya kita juga ingin menarik masyarakat untuk menjatuhkan pilihannya kepada Ganjar-Mahfud," ujar Bima.

Kesenian Khas

Ia menyebut, kegiatan seni budaya barongan merupakan kesenian khas yang dimiliki Kabupaten Kendal yang perlu dijaga dan dilestarikan. Dan hal ini sesuai dengan visi misi dari Ganjar Pranowo yakni mengangkat budaya yang menjadi jati diri bangsa.

Baca juga: Inspirasi Nail Art Cantik untuk Rayakan Tahun Baru Imlek 2024

"Budaya itu adalah jati diri bangsa yang seringkali tidak dihiraukan. Jadi ini sesuai komitmen Pak Ganjar bersama kita Kopi Gama, untuk memprioritaskan kebudayaan di daerah-daerah agar muncul sebagai jati diri bangsa," tegasnya.

Senada, Sekjen Kopi Gama Nasional, Tanjung Alis menyatakan kegiatan parade barongan merupakan salah satu upaya terjun langsung ke masyarakat guna mendorong paslon Ganjar-Mahfud menjadi pemimpin di 2024. Selain itu ada pesan khusus yang ingin disampaikan bahwa Ganjar-Mahfud adalah pilihan yang logis yang dampak memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama kepada para pelaku seni dan budaya.

"Kita tahu betul dari semua paslon itu yang bisa melihat kebudayaan itu penting ya saya rasa hanya paslon Ganjar-Mahfud. Makanya kita mendorong supaya teman-teman seni dan kebudayaan ini tahu bahwa Pak Ganjar ini tepat untuk menjadi pemimpin kita," ungkap Tanjung Alis.

Baca juga: 24 Anak Buah Hajar 4 Warga Kalah Sepak Bola, Dansat Brimob Polda Minta Maaf

Sementara, salah seorang caleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan, Widya Kandi Susanti menjelaskan dirinya yang saat ini juga menjabat sebagai Anggota DPRD kendal sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kopi Gama terutama untuk mengangkat budaya lokal

"Ini sejalan dengan Tri Sakti Bung Karno yakni berkepribadian dan berkebudayaan. Dan pada Pemilu 2024 ini kita mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas. Tetapi untuk memilih pemimpin ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu pemimpin harus taat kepada Tuhan, taat hukum dan harus setia kepada rakyat," bebernya. (Anik)