Helo Indonesia

Atikoh Ganjar Mendarat di Lampung, Ini Gawenya 3 Hari

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Selasa, 9 Januari 2024 09:04
    Bagikan  
Atikoh Ganjar Mendarat di Lampung, Ini Gawenya 3 Hari

Alhamdulilah Mbak Atikoh, Ibu Capres Mas Ganjar sudah sampai di Lampung. Semoga lancar dan sukses kampanyenya. Mas Ganjar Presiden dan Menang, tulis Nurhasanah, Banteng Betina angggota DPRD Lampung. (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA. COM -- Menunaikan rencananya, istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mendarat di Bandara Radin Inten II, Selasa pagi (9/1/2024). Mbak Atik, panggilannua, bakal menyapa warga Bumi Ruwa Jurai. Apa saja gawenya ngubek tiga hari di Lampung?

SELASA 9 JANUARI

Per rundown sebelumnya dijadwalkan tiba jalur darat dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, terkini berubah, ia mendarat di Bandara Raden Inten II Branti Raya, Natar, Lampung Selatan, Selasa (9/1/2024) pukul 08.33 pagi.

Usai ketibaan, lantas calon ibu negara dan bekas wartawati Solopos ini bakal langsung menuju dan meninjau bazar produk UMKM dan industri kreatif di Lapangan Sri Tanjung, Jatibaru, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, dipandu koordinasi Srikandi PDI Perjuangan, pagi hingga siang.

Baca juga: 3 Hari di Lampung, Lewat Oseng Tempe Ireng Kenal Atikoh Ganjar

Usai 'rehad sejedag', pukul 13.03 WIB Atikoh per tentatif akan diboyong menuju pertama, daerah kabupaten tempat tinggal Bambang Irianto, saudara sepupu kandung sekaligus tukang momong suaminyi Ganjar Pranowo saat masih kecil: Kabupaten Pringsewu, sekitar 55 km dari titik Tanjung Bintang berwaktu tempuh 1 jam 33 menit via jalur darat, silaturahmi keumatan dengan para tokoh Katolik dan menghadiri deklarasi relawan tani pro Ganjar–Mahfud yang disebutkan nfo terpisah disiapkan berpusat di Lapangan Pekon Sukoyoso, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu.

Bada Ashar hingga Jelang petang, Atikoh dijadwalkan 'anjau silau' ke kabupaten sentra wisata bahari pengampu total kunjungan 6.929.925 orang pelancong kurun 2016-2022, juga daerah pusat transmigrasi pertama di Indonesia tahun 1905 lampau, Kabupaten Pesawaran.

Di kabupaten tempat desa wisata tematik Pulau Pahawang berada ini, ibu Alam Ganjar ini bakal menyambangi para perajin wastra Tapis Lampung di Kecamatan Negerikaton, ke Museum Transmigrasi Nasional di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan, dan berdialog dengan warga komunitas lintas aktor lintas sektor.

Baca juga: Rakor Inflasi Daerah, Mendagri Tekankan Pemerintah Daerah Gencarkan Gerakan Pangan Murah dan Program Bansos

Selasa malam, Atikoh balik Bandarlampung, diagendakan bersua duta komunitas, aktivis perempuan, dan pimpinan relawan dipandu pimpinan parpol pengusung dan pendukung dan Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar–Mahfud Lampung, lalu menginap.

RABU 10 JANUARI

Bangun pagi, selanjutnya Rabu (10/1/2023), Atikoh bakal gembira bareng kader, caleg, simpatisan parpol pengusung-pendukung, kaum ibu dan perempuan, pelaku UMKM, milenial-zilenial, relawan, warga khalayak pendukung Ganjar-Mahfud, mengikuti even tematik senam massal Senam Cinta Tanah Air (SICITA) di area Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim, Bandarlampung.

Disambung dengan blusukan seusainya, ia akan berbelanja, menyapa warga pembeli dan pedagang pasar tradisional, ada yang bilang ke Pasar Way Halim ada yang bilang ke Pasar Way Dadi Sukarame. Serta lanjut berkampanye simpatik di Bandarlampung.

Dari Bumi Ragom Gawi Kota Tapis Berseri, dimana tinggal sepupu Ganjar lainnya atau adik Bambang Irianto, yakni Sri Sulastri di Kelurahan Way Laga, Kecamatan Panjang, Bandarlampung, lantas Atikoh bertolak ke Bumi Sai Wawai, Kota Metro sejauh 57,3 km ditempuh sejam 3 menit lewat Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk menghadiri peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan tingkat Provinsi Lampung, makan siang di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Metro, meninjau bazar produk unggulan UMKM sini, juga berkampanye simpatik salam sapa, diselingi berbagi telur rebus simbol kampanye anti stunting, kepada warga.

Baca juga: Presiden Jokowi Janji Naikkan Dana Desa

Senada jelang petang hari kedua, Atikoh bakal sat set menyapa warga Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah, menghadiri pagelaran budaya tradisional Jawa dan Bali, dan sentra UMKM setempat.

Lanjut, dari Bumi Beguwai Jejamo Wawai Lampung Tengah, giliran Kabupaten Tulang Bawang akan kedatangan Atikoh pula, Rabu malam. Atikoh dijadwalkan bersua warga, bersilaturahim dengan pengasuh dan santri, warga sekitar pondok pesantren sekaligus tempat inapnyi. Itu.

Bermalam dimana? "Di pondok putri Ponpes Miftahul Huda (Dua Ribu), Unit 2 (Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung) pak, beliau jam 18.00 tanggal 10 (Januari) tiba di Unit 2," info berharga dari relawan Ganjar-Mahfud cum caleg DPRD Tulang Bawang dapil Tuba II Banjar Margo - Banjar Agung dari PDI Perjuangan, Rohadie, terhubung Minggu (7/1/2024).

KAMIS, 11 JANUARI

Lanjut lagi Kamis (11/1/2024) pagi, Atikoh serta rombongan akan mengunjungi rumah produksi produk pangan bahari olahan ikan asap milik pelaku UMKM sana, selanjutnya sayonara. Info beredar lainnya, Atikoh akan lebih dulu 1,5 jam ikut senam pagi bersama pukul 06.00 - 08.30 WIB.

Usai sejenak ishoma di Rest Area 234, Atikoh dan rombongan kemudian gercep melanjutkan perjalanannyi ke Palembang, Sumatera Selatan, berkampanye di sana.

"Besok datangnya sore, mampir makan dulu di RM Slamet Wae baru ke pondok istigozah doa bersama baru Kamis pagi Pasar Unit 2," imbuh Alip Basuki, relawan Ganjar-Mahfud dari DPC Relawan Ganjar Pranowo (RGP) RI-1 2024 Tulang Bawang, Selasa pagi.

Baca juga: Diduga Usai Menggelar Pesta Miras Tiga Mahasiswa Universitas Narotama Surabaya Meninggal Dunia

Sepanjang tiga hari di Lampung, Siti Atikoh Suprianti Ganjar Pranowo juga tidak lupa bakal 'spill' tipis-tipis membedah soal 21 program unggulan Ganjar–Mahfud bersama warga, sesuai latar audiens yang ia jumpai.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Lampung Sutono, kepada pers, Sabtu (6/1/2024), menyebutkan, kehadiran Atikoh Ganjar ke Lampung tak terlepas dari upaya menerus mendongkrak penaikan tingkat keterpilihan (elektabilitas) duet maut Ganjar Pranowo–Mahfud MD (Ganjar–Mahfud) di Lampung.

“Ya, bagian dari peningkatan elektabilitas Ganjar–Mahfud. Bukan apa, Atikoh sosok yang luar biasa sebagai calon ibu negara, dibanding calon lain. Bisa kita lihat dengan segala kemampuan, dari gaya komunikasi, mencintai dan aktif berolah raga terutama maraton, bersepeda," ujarnya mendampingi DPD PDI Perjuangan Lampung, Sudin.

Dengan gaya khasnya, politisi eks birokrat, Sekdaprov Lampung 2016–2018, Cawagub Lampung Pilgub 2018, kini juga Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Lampung ini mengglorifikasi.

"Atikoh ini spesial, wanita (dengan tradisi) muslim yang sangat kuat, anak kiai yang mempunyai jaringan komunitas luas, dan kemampuan personal dirinya juga banyak mulai dari kemampuan komunikasi yang baik sampai urusan kecintaan olah raga," ujar Sutono, pria asal Karang Anyar Jawa Tengah sono, sekabupaten dengan capres rambut putih, Ganjar Pranowo.

Warta ini usai disusun, bertepatan dengan ketibaan Atikoh di bandara. (Muzzamil/Hajim)