Helo Indonesia

Buntut Debat Capres, Anies Diserang Prabowo Ndasmu Etik, Cak Imin Balas Ngegas

M. Haikal - Nasional -> Politik
Sabtu, 16 Desember 2023 18:50
    Bagikan  
Cak Imin, Prabowo, Zulhas
Facebook / Prabowo Subianto

Cak Imin, Prabowo, Zulhas - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dipeluk Prabowo dan Zulkifli Hasan. Dipeluk tidak boleh kemana-mana. (Foto: Facebook / Prabowo Subianto)

HELOINDONESIA.COM - Pidato Capres Prabowo Subianto di Rakornas Partai Gerindra pada Jumat (15/12/2023) soal kalimat "Ndasmu Etik" jadi viral di media sosial.

Ada yang menilai, ucapan kasar dalam bahasa Jawa itu merupakan buntut debat capres pada 12 Desember lalu ketika Capres Anies Baswedan bicara tentang etika.

Gayung bersambut, rupanya pernyataan Prabowo itu pun dibalas Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Melalui akun X (at)cakiminNOW pada Sabtu (16/12/2023), Muhaimin Iskandar pun ikut ngegas.

Di pun membuat cuitan terkait "ndasmu".

Baca juga: Pemilih yang Yakin Kasus Penculikan dan Pemecatan Prabowo dari Militer Bakal Pilih Ganjar, SMRC Ungkap Buktinya!

"Emangnya etik punya ndas ya?" demikian cuitan Cak Imin.

Kolom komentar cuitan pasangan dari Anies Baswedan di Pilpres 2024 ini pun diserbu ribuan komentar. Hampir satu juta netizen telah membaca kalimat singkat Cak Imin.

Dari penelusuran, tak hanya di Pilpres ini Prabowo menggunakan kata "ndasmu" pada lawan politiknya.

Pada 2019 Prabowo melontarkan kalimat 5% ndasmu yang diduga untuk menyindir Jokowi saat kampanye Pilpres berlangsung. Dan kini di 2023, Prabowo mengungkapkan klimat "etik ndasmu" yang diduga untuk menyerang balik Capres Anies Baswedan.

Di 2019, Prabowo menyindir Jokowi tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5%.

Baca juga: Zulkifli Hasan Nyatakan PAN Siap Dukung Bobby Nasution untuk Maju di Pilgub Sumut 2024

"5% ndasmu," kata Prabowo dalam video yang diunggah akun X (at)PandamPamungkas.

Di Rakornas Partai Gerindra, Prabowo membuat pertanyaan sendiri terkait bagaimana perasaannya usai menjalankan debat Capres.

"Bagaimana perasaan mas Prabowo soal etik? Etik...etik...ndasmu etik," kata Prabowo hingga disambut riuh para pendukungnya.

Banyak warganet menilai sia-sia selama ini menampilkan kartun gemoynya Prabowo Subianto untuk memikat kaum milenial dan Gen Z.

Baca juga: Pendaftar Calon KPPS di Kendal Baru Capai 30 Persen

"Jadi tidak ada yg berubah dari Prabowo. Masih sama seperti dulu. Prabowo adalah Prabowo bukan Jokowi. Berat memang menjadi orang lain (gemoy). Tetap enak jadi diri sendiri, walaupun temperamen," ujar akun X (at)ch_chotimah2.