Helo Indonesia

Ini Partai yang Diprediksi Tak lolos ke DPR Versi Litbang Kompas, Termasuk PSI dan PPP

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Selasa, 12 Desember 2023 20:17
    Bagikan  
Ketua Umum PSI
Tangkapan layar

Ketua Umum PSI - Kaesang akui ia produk instan

HELOINDONESIA.COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo dan enam partai lainnya disebut tidak lolos ke DPR karena perolehan suara tak melampaui ambang batas parlemen (parliamentary threshold) yaitu 4 persen pada Pileg 2024.

Hal tersebut berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas pada Desember 2023. Survei tersebut menyebutkan, tingkat keterpilihan PSI 2,6 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang saat ini punya kursi di DPR hanya 2,4 persen 

Partai lain yang diprediksi tak lolos DPR karena tingkat keterpilihannya di bawah 4 persen yaotu Partai Perindo, Partai Buruh, PBB, Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Gelora, dan Partai Hanura.

Survei lainnya menyebutkan, masih ada 17,3 persen responden yamg belum memutuskan pilihan. Jumlah ini meningkat 5,9 persen dari bulan Agustus 2023.

Baca juga: Sekjen PDIP Tanggapi Hasil Survei Litbang Kompas yang Menyebutkan Ganjar-Mahfud Paling Buncit

Litbang Kompas menggelar survei ini pada 29 November hingga 4 Desember 2023. Survei ini menggunakan metode penelitian pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Ambang batas kesalajan survei atau margin of error sebesar +/-2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Indikator Politik Indonesia juga menggelar survei serupa. Hasilnya, ada 10 partai yang diprediksi tak lolos ke DPR. Survei digelar pada 27 Oktober-1 November 2023. 

Baca juga: Diunggulkan Survei Litbang Kompas Atas Dua Kandidat Lain, Ganjar: Kita Sikapi dengan Baik

10 partai tersebut adalah PPP (3 persen), Perindo (1,5 persen), PSI (0,9 persen), Hanura (0,6 persen), Gelora (0,2 persen), Partai Buruh (0,2 persen), PKN (0,1 persen), PBB (0,1 persen), Partai Garuda (0,1 persen), dan Partai Ummay 0,0 persen).