Helo Indonesia

Diunggulkan Survei Litbang Kompas Atas Dua Kandidat Lain, Ganjar: Kita Sikapi dengan Baik

Selasa, 22 Agustus 2023 13:41
    Bagikan  
Diunggulkan Survei Litbang Kompas Atas Dua Kandidat Lain, Ganjar: Kita Sikapi dengan Baik

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo saat berada di UGM Yogyakarta

YOGYAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Elektabilitas bacapres PDIP Ganjar Pranowo mengalami reborn dalam hasil survei terbaru capres 2024. Rilis terbaru Litbang Kompas, Ganjar berhasil mengungguli dua kandidat capres lainnya.

Hasil survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar berada di angka 24,9 persen. Sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di urutan kedua dan ketiga dengan elektabilitas masing-masing 24,6 persen dan 12,7 persen.

Saat dikonfirmasi, Ganjar menjawab santai terkait hasil survei terbaru itu. Menurutnya, survei merupakan jajak pendapat dan belum merupakan hasil final.

Baca juga: Komitmen Ganjar Sejahterakan Guru di Jateng Dipuji Dirjen Kemenristekdikti

"Surveinya kan belum final, kepercayaan masyarakat harus kita sikapi dengan baik," kata Ganjar ditemui usai memberikan pembekalan bagi calon wisudawan UGM di Graha Saba UGM, Selasa 22 Agustus 2023.

Ganjar mengatakan, saat ini yang terpenting adalah mewujudkan kondusivitas jelang pemilu 2024. Ia meminta semua masyarakat menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya perpecahan.

"Yang penting kita hindari sesuatu yang saling mengolok-olok dan saling menjelekkan. Biar pemilunya menyenangkan," ucapnya.

Seperti diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami pasang surut, khususnya seusai kontroversi batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Tingkat elektabilitas Ganjar sempat drop dan kalah dari Prabowo Subianto.

Namun saat ini, tingkat kepercayaan publik pada Gubernur Jateng dua periode ini reborn atau kembali meningkat. Pada survei terakhir yang digelar Litbang Kompas periode Agustus 2023, elektabilitas Ganjar menjadi yang tertinggi dan naik dari survei sebelumnya.

Pada Mei 2023, posisi Ganjar kalah dengan Prabowo dengan selisih 1,7 persen. Saat itu, tingkat elektabilitas Ganjar hanya 22,8 persen. (Aji)