Helo Indonesia

Prihatin Kondisi Politik, Mantan Pengurus PDIP Turun Gunung Bentuk Wadah

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Senin, 27 November 2023 20:54
    Bagikan  
Prihatin Kondisi Politik, Mantan Pengurus PDIP Turun Gunung Bentuk Wadah

Ferdin Gunsan dan Darwin Ruslinur (Foto screenshot/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM-- Para mantan pengurus PDIP Lampung turun gunung menambah dukungan terhadap calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Gofud). Mereka membentuk wadah baru alumni pengurus partai ini yang diberi nama IKA Pengurus PDIP Lampung.

Alasan pembentukannya, para mantan pengurus PDIP prihatin atas kondisi politik saat ini. Selain itu, ada kader partai yang tidak setia. Salah satu yang paling menonjol terjadi di PDIP yang ditinggalkan keluarga besar Jokowi.

Digagas Ferdi Gunsan dan Darwin Ruslinur, wadah para mantan ini dideklarasikan di kediaman Darwin Ruslinur, mantan anggota DPRD Lampung yang juga seorang jurnalis PWI Lampung di Jl.M. Noor 2 No.44, Sepajang Jaya, Kota Bandarlampung. Senin (27/11/2023). 

Baca juga: Penggiat EO Lia Nilai GSG Unila Belum Layak untuk Konser Musik


Darwin Ruslinur juga terpilih memimpin wadah ini. " IKA Pengurus PDI Perjuangan Lampung ini murni gagasan kami dan yang pertama di Indonesia," kaganya. Organisasi ini sudah diisi oleh ketua atau tim koordinator di kabupaten kota se-Provinsi Lampung.

“Sudah ada 13 daerah yang ada tim koordinatornya. Sementara dua wilayah lainnya yakni Kabupaten Pesawaran dan Pesisir Barat masih proses pencarian kepengurusan,” kata Darwin. 

Dikatakannya, pembentukan poros tersebut merupakan keprihatinan para IKA Pengurus PDIP Lampung terhadap politik di Tanah Air. "Banyak kader partai yang tidak setia. Salah satunya hal paling menonjol terjadi di PDIP yang ditinggalkan keluarga besar Jokowi," katanya.

Baca juga: Ketum PWI Pusat Dijadwalkan Hadiri Diklat Jurnalistik PWI Lampung


Dengan kondisi politik seperti ini, bahwa gonjang ganjing demokrasi banyak dirusak. Beberapa waktu lalu anak sulung presiden Gibran Rakabuming Raka memutuskan menjadi bagian dari Partai Golkar untuk menjadi Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto.

“Adanya kondisi politik seperti itu, sehingga kami dari ikatan alumni partai terketuk hati untuk membuat suatu organisasi mendukung Gofud sebagai presiden,” ujar eks Ketua Komisi V DPRD Lampung ini.

Dia menegaskan bahwa terbentuknya IKA pengurus PDI Perjuangan Lampung karena tidak di lihat dari struktur partai.

Padahal, para alumni pengurus partai masih memiliki taring untuk mendukung dan memenangkan kader PDI sebagai kepala daerah bahkan presiden.

Baca juga: Kampanye Pemilu 2024 Dimulai Besok, Ketum PBNU: Masyarakat Jangan Diajak Ribut atau Bertengkar


“Jadi, kami ini enggak diperhatikan lagi oleh pengurus yang baru, maka dari itu kami bentuk suatu poros. Bukan berarti kami yang sudah purna bakti tidak berarti lagi, sebenarnya kami masih punya kekuatan,” ujarnya.

"Kami akan turun memenangkan Ganjar Pranowo di Lampung. Wadah ini bukan sekedar untuk kempul tidak punya makna, kami IKA bertekad memenangkan Gofud sebagai presiden. Optimistis untuk kemenangan Ganjar Pranowo di Lampung,” pungkasnya.

Baca juga: Pidato Berapi-api di Rakornas Relawan, Megawati Peringatkan Wartawan: Awas Membully Saya!


Sekretaris IKA pengurus PDIP Lampung Ferdi Gunsan menambahkan
pembentukan ini karena berfikiran kami tidak pernah dilibatkan, padahal kami masih punya suara. "Kami deklarasikan poros pendukung Gofud, meskipun masih dalam kepengurusan formatur,” tambahnya.

Dia menegaskan bahwa poros ini merupakan yang pertama di Indonesia.“IKA PDI Perjuangan tidak mengambil orang-orang yang sudah pindah partai, dan kami juga bukan relawan,” tutupnya.(Rls/HBM)