Helo Indonesia

Bawaslu DKI Bakal Panggil Apdesi Besok Gegara Dukung Prabowo-Gibran

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Minggu, 26 November 2023 21:10
    Bagikan  
Prabowo Subianto
Foto : Ist

Prabowo Subianto - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dilaporkan atas dugaan memberikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran beberapa waktu lalu.

Atas laporan tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), bakal memanggil perwakilan pihak Apdesi terkait dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut dua beberapa waktu lalu di Indonesia Arena. Pemanggilan akan lakukan pada Senin (27/11).

"Teman-teman Bawaslu DKI langsung bekerja memanggil Apdesi. Pemanggilan tersebut untuk meminta keterangan dari Apdesi, kalau enggak salah Senin ini," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (26/11).

Bagja mengungksapkan, pihaknya masih mendalami adanya dugaan pelanggaran pada laporan tersebut. 

"Kita mendalami informasi temuan. Cawapresnya tidak mengajak. Tapi kalau untuk pelanggarannya kan ada kalimat selanjutnya," ujar Bagja.

Baca juga: 16 Kepala Desa Terpilih Sah Dilantik, Ini Pesan Sulpakar

Oleh karena itu, Bagja menambahkan, hasil pendalaman sementara yang tengah dilakukan pihaknya tersebut, belum bisa ditarik kesimpulan.

"Jika ada dugaan pelanggaran tentu akan kami dalami sesuai dengan laporan pengawasan. Karena pada saat statement itu laporan pengawasan sedang dibuat," imbuhnya. 

Sebelumnya, Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Jurdil sudah melaporkan panitia penyelenggara acarta Desa Bersatu ke Bawaslu, pada Kamis (23/11). Karena dianggap memobilisasi ribuan kepala desa untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut satu.

Baca juga: Wow, Kepala Desa akan Makmur, Kesejahteraan akan Ditambah Tunjangan-tunjangan

"Kami melaporkan sebuah peristiwa terkait dengan Apdesi di Gelora Bung Karno GBK pada tanggal 19, hari Minggu itu," kata Koordinator AMPPJ Sheera Prayuna.

"Kami menengarai kuat bahwa berdasarkan hasil temuan dan kajian kami, bahwa pertemuuan itu sebagai bagian upaya untuk memobilisasi dukungan mengarahkan dukungan terhadap pasangan tertentu," tegasnya.