Helo Indonesia

Regu Anggrek Pangkalan SD Bima Demak Ikuti Jambore Daerah Kwarda Jateng

Jumat, 22 September 2023 13:10
    Bagikan  

- Regu Anggrek Pangkalan SD Bima Demak berfoto bersama Ketua Kwarcab Demak HS Fahrudin Bisri Slamet, saat persiapan mengikuti Jamda Kwarda Jateng. Foto: Jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Regu Anggrek Pramuka Penggalang Pangkalan SD Negeri Bintoro 5 (Bima) Demak mengikuti Jambore Daerah tingkat SD/MI 2023 Kwarda Jawa Tengah.

Mereka ditunjuk untuk berperan serta mewakili Kwarcab Demak pada kegiatan yang akan digelar di Bumi Perkemahan "Candra Birawa" Karanggeneng, Gunungpati, Semarang pada 25-29 September.

Baca juga: Oleh-oleh dari Singapura, Dico Buat Kesepakatan dengan Sekolah Internasional

Beberapa persiapan pun dilakukan 10 siswi anggota Regu Anggrek asuhan Tri Puji Hastuti tersebut. Mulai dari mengasah pengetahuan tentang kepramukaan, keterampilan jelajah alam, pentas seni, hingga olahraga.

"Tentunya kami bangga Gugus Depan (Gudep) SD Bima kembali mendapatkan kepercayaan mewakil Kwarcab Demak pada kegiatan Jambore Daerah (Jamda) Jawa Tengah 2023 tingkat SD/MI. Sebelumya pandemi pernah ditunjuk ikut serta pada Jamda di Wonosobo. Selain itu juga mewakili Kwarcab Demak di Jambore Cabang Agustus lalu," kata Kepala SD Negeri Bintoro 5 Demak H Kingkin Purwoko didampingi Tri Puji Hastuti, usai pelepasan kontingen oleh Kwarcab Demak, Jumat 22 September 2023.

Latihan Bersama

Lebih lanjut Tri Puji Hastuti menjelaskan, pada Jamda yang diagendakan sepekan itu Regu Anggrek Pangkalan SD Bima akan bergabung dengan tiga regu lainnya mewakili Kwarcab Demak. Yakni regu dari pangkalan MI Miftahul Huda Jleper Mijen, SD Negeri Kebonsari 1 Dempet, dan SD Negeri Bandungrejo 1 Karanganyar.

"Selain latihan bersama di kwarcab, 10 siswi anggota Regu Anggrek sudah kami bekali dengan sejumlah latihan keterampilan. Sebab selama kegiatan perkemahan akbar akan diisi sejumlah lomba. Seperti lomba cerdas tangkas Pramuka (LCTP), jelajah lapangan, pentas seni, dan olahraga. Khususnya olahraga, Regu Anggrek akan berlaga di cabang panahan," terang Bu Tutik, sapaan Tri Puji Hastuti.

Baca juga: Agius Ajak Skuad PSIS Kerja Keras untuk Kalahkan Barito Putera

Mengenai keikutsertaan pada Jambore Daerah SD/MI di Bumi Perkemahan "Candra Birawa" Karanggeneng, Gunungpati, Semarang, Ketua Kwarcab Demak HS Fahrudin Bisri Slamet berpesan agar semua peserta menjaga kesehatan dan keselamatan. Terlebih kegiatan berlangsung saat kemarau panjang yang cukup ekstrim seperti sekarang.

"Jaga diri dan harumkan Kwarcab Demak dengan prestasi yang yang diraih. Meski tidak dapat mendampingi secara penuh, tapi doa dan support kami senantiasa mengiringi kontingen Kwarcab Demak. Semoga sukses dan pulang membawa prestasi yang membanggakan," tandasnya. (Jati)