Helo Indonesia

Bawaslu Kota Semarang Anjangsana ke Balaikota, Ini Program yang Ditawarkan Mbak Ita

Jumat, 22 September 2023 08:46
    Bagikan  
Bawaslu Kota Semarang Anjangsana ke Balaikota, Ini Program yang Ditawarkan Mbak Ita

Anggota Bawaslu saat beraudiensi dengan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama jajaran

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang melaksanakan audiensi dengan Pemkot Semarang di Balaikota pada Kamis 21 September 2023.

Anjangsana yang dilakukan ini bertujuan untuk mengenalkan wajah baru Anggota Bawaslu Kota Semarang periode 2023-2028 dan membincangkan terkait dukungan Pemkot dalam Pengawasan Pemilu 2024.

Hadir secara lengkap, Ketua, Anggota dan Kepala Sekretariat Bawaslu di lantai 8 Gedung Balaikota Semarang. Pada kesempatan tersebut Bawaslu Kota Semarang diterima secara hangat oleh Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Asisten Pemerintahan Setda Kota Semarang, Kepala Badan Kesbangol Kota Semarang dan Kepala Bapenda Kota Semarang.

Baca juga: Launching Lomba LAMPAH KITA, Mbak Ita Ajak Masyarakat Tuntaskan Pengelolaan Sampah

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar tidak henti-hentinya Pemkot melalui Pejabat Pembina Kepegawaian untuk terus menggaungkan semangat menjaga Netralitas ASN.
Arief juga mengapresiasi gelaran deklarasi Netralitas ASN beberapa waktu lalu yang sukses digelar di 16 Kecamatan dan puncaknya di Halaman Balaikota.

Selain itu, Arief didampingi anggota yang lain juga meminta dukungan Pemerintah Kota dalam rangka menangkal praktek politik uang yang berpotensi terjadi pada perhelatan Pemilu 2024 di Kota Semarang.

"Kami sudah memiliki 10 Kelurahan Anti Politik Uang dan Kelurahan Pengawasan bahkan baru saja kami kumpulkan 32 Lurah untuk dapat berkolaborasi dengan Panwaslu Kelurahan guna perluasan wilayah anti politik uang," ungkap Arief saat audiensi.

Program Kolaborasi

Walikota Semarang Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu merespons dengan baik dan menawarkan beberapa program kolaborasi yang bisa dilakukan dengan Bawaslu.

"Sudah itu hal baik nanti kita kolaborasikan saja dengan kegiatan yang ada di masing- masing OPD yang menaungi Kepemiluan," ujar Walikota.

Baca juga: LPPM USM dan BRIN Lakukan Kerja Sama Pendampingan Komersialisasi Kekayaan Intelektual

Walikota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita ini membeberkan bahwa nanti kita gerakan melalui program smart RT dan RW serta beberapa program sosialisasi lain agar Bawaslu hadir didalamnya untuk melakukan sosialisasi.

Selain sosialisasi terkait anti politik uang diharapkan nantinya ada deklarasi secara serentak dan dilakukan diseluruh Kelurahan se-Kota Semarang agar bahaya politik transaksional di kalangan masyarakat dapat dicegah sedari dini.

"Kami akan berkolaborasi dan mematuhi segala aturan yang telah diatur untuk mensukseskan Pemilu 2024," pungkas Mbak Ita. (Aji)