Helo Indonesia

Dang Ike Ungkap Berkah Demo Ridho, Umar, dan Adi di Istana Negara

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 26 Agustus 2023 13:18
    Bagikan  
Dang Ike Ungkap Berkah Demo Ridho, Umar, dan Adi di Istana Negara

Dang Ike ketika menceritakan kembali rahasia besarnya saat aksi Ridho dkk pada acara dilantiknya Bung Adi jadi wakil rakyat (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Setelah dilantik jadi anggota DPRD Lampung, Muhammad Junaidi (Bung Adi) berbagi kabar dengan beragam relasinya di rumahnya. Pada acara itu, Dang Ike Edwin mengungkapkan rahasia besarnya 15 tahun lalu tentang Adi dan kawan-kawannya.

Pada saat Dang Ike menjabat Kapolres Metro Jakpus Polda Metro Jaya (2008), Ridho Ficardo, Umar Ahmad, dan Adi memimpin demo di depan Istana Negara. Mereka orasi pakai pengeras suara. Pada saat bersamaan, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengadakan Rapat Kabinet.

Sang Kepala Negara terganggu dengan suara orasi dari pengeras suara mobil komando para anak muda dari Lampung yang masih "pengangguran" tersebut dengan ribuan massanya.

Dang Ike kaget ditelepon langsung SBY yang dengan bijak meminta Dang Ike menertibkan aksi tersebut agar suaranya tak mengganggu Presiden SBY dengan para menteri kabinetnya. 

Ngeri-ngeri sedap, satu sisi bangga ditugaskan langsung oleh kepala negara -- tidak melalui Polda Metro Jaya, namun jika gagal bisa-bisa besok langsung turun TR mutasi. Sempat terpikir olehnya, ketimbang turun TR, gulung saja dengan pasukan Brimob-nya.

Baca juga: Mengenang Jenderal Besar Nasution, Prabowo Sebut Sebagai Sosok Pendiri TNI, Jujur, Tidak Pernah Korupsi

Namun, Dang Ike bijak., dia menemui lebih dulu peserta aksi untuk mengingatkan mereka agar bubar. Namun, saat ketemu, Ridho dan kawan-kawan, mereka mengaku dari Lampung. Dang Ike luruh dan memberikan waktu 30 menit para anak muda kritis tersebut menyelesaikan aksinya.

Sempat terjadi "olah-mengolah", tawar-menawar, Dang Ike minta segera aksinya diakhiri. "Tolong Kakakmu ini, Presiden sudah menegur," kata Dang Ike kepada Ridho dan kawan-kawan. Anak-anak muda ini ngolah juga akhirnya disepakati ditambah 10 menit.

Hikmahnya kemudian, Dang Ike "dekat" dengan SBY sampai akhirnya satu bintang jatuh ke pundaknya dari SBY. Yang juga membanggakan Dang Ike, ketiga anak muda yang kritis dan berani tersebut beberapa tahun kemudian menjadi tokoh, orang nomor satu, pemimpin di Lampung.

Baca juga: Bertemu SBY, Anies Mengaku Dibekali Strategi Untuk Menang di Pilpres 2024

M Ridho Ficardo jadi gubernur Lampung periode 2014-2019, Umar Ahmad menjadi bupati dua periode Tulangbawang Barat (Tubaba) periode 2014—2017 dan 2017—2022, Adi menjadi anggota DPRD Lampung periode 2014-2019 dan dilantik menjadi anggota DPRD Lampung lagi pada Kamis (24/8/2023).

"Tinggal Adi, kita doakan bisa mendapatkan kepercayaan memimpin Kabupaten Lampung Selatan," kata Dang Ike. Diakhir sambutan yang penuh interaktif dan kehangatan malam itu, Dang Ike atau lengkapnta Irjen Pol (Purn) Ike Edwin mengingatkan agar dirinya juga didukung mendedikasikan diri jadi anggota DPR RI dari Dapil 1 Partai Demokrat. Semoga, aamiiin. (Herman Batin Mangku)