Helo Indonesia

Soal Teroris, Cak Imin: Bukannya BUMN Sudah Bersih-bersih, Biasanya Berjejaring, Harus Diungkap

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 16 Agustus 2023 08:00
    Bagikan  
Gus Muhaimin
Laman DPR

Gus Muhaimin - Gus Muhaimin (Abdul Muhaimin Iskandar), Wakil Ketua DPR, Mantan Menaker.

HELOINDONESIA.COM - Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris berinisial DE di wilayah Bekasi, Senin 14 Agustus 2023. Dia merupakan karyawan dari sebuah BUMN, yakni PT KAI.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku baru mendengar kabar tertangkapnya terduga teroris di lingkungan BUMN oleh Densus 88.

Ketua Umum PKB ini minta  aparat penegak hukum untuk mengusut kasus tersebut hingga ke akarnya. Ia menduga terduga teroris berinisial DE itu mempunyai jaringan dan harus segera diungkap.

“Wah saya baru dengar infonya (teroris ditangkap). Bukannya BUMN sudah bersih-bersih ya?” kata Cak Imin yang merupakan Wakil Ketua  DPR Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra).

Baca juga: PKS Beri Sinyal AHY Cawapres, Potensial Untuk Raup Suara Milenial dan Gen Z

Menurut dia, teroris tidak berdiri sendiri, tapi punya jaringan, Nah, itu yang harus diusut, dibongkar jejaringnya oleh aparat Kepolisian, Densus 88.

“Ya kalau masih ada begitu (teroris) tentu harus diselidiki, diusut setuntas-tuntasnya. Teroris itu biasanya berjejaring, nah itu yang harus diungkap,” katanya dalam keterangannya, Selasa 15 Agustus.

Terkait penanganannya oleh aparat, Cak Imin  mengapresiasi langkah Densus 88 yang tidak henti bertindak tegas dan mengungkap ragam praktik terorisme di Indonesia.

Baca juga: Politisi PDIP Ditahan Kejagung Gegara Palsukan Dokumen Izin Pertambangan

Cak Imin meminta semua pihak termasuk di lingkungan kementerian dan lembaga negara lainnya untuk melakukan mitigasi atau pencegahan masuknya ideologi radikal.

“Kasus begini sudah sering terjadi. Langkah paling efektif di samping ketegasan aparat ya mitigasi internal, terutama di lingkungan kementerian dan lembaga negara,” tegas Anggota Komisi I DPR itu.

Diberitakan, Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris berinisial DE di wilayah Bekasi, Senin (14/8/2023). Juru Bicara Densus 88, Kombes Aswin Siregar menyatakan, DE merupakan pendukung ISIS dan aktif melakukan propaganda jihad di media sosial (medsos). Dia merupakan karyawan di sebuah BUMN, yakni PT KAI. (**)