Helo Indonesia

PKB Gelar Haul Gus Dur, Cak Imin Mohon Doa Agar Bisa Berhasil

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 4 Agustus 2023 17:32
    Bagikan  
Haul Gus Dur, Cak Imin
tangkapan layar

Haul Gus Dur, Cak Imin - DPP PKB mengelar Haul Gus Dur. Cak Imin memberikan sambutan. (Foto: tangkapan layar)

HELOINDONESIA.COM - DPP PKB mengelar Haul Gus Dur di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat sing 4 Agustus. Dalam kesempatan ini Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan banyak tokoh yang dihasilkan oleh Gus Dur di masa lalu.

Dia menyebut antara lain KH Said Aqil Siradj, dan dirinya sendiri. Menurut CaK Imin, begitu sapaannya, dulu sebelum menjadi tokoh banyak digembleng oleh Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid, yang juga pernah menjadi Presiden RI ke-4).

Itu terkait dengan prinsip-prinsip kemanusiaan, prinsip-prinsip kebangsaan, prinsup-prinsip demokrasi, hak azasi manusia, dan lainnya. Dalam penggemblengan itu dia diajak kemana-mana, ‘digebuki’ juga.

Cak Imin mengaku kerap mendampingi Gus Dur dalam berbagai kegiatan, mulai dari acara Nahdlatul Ulama (NU), forum-forum demokrasi hingga acara pemerintahan.

Baca juga: Pernyataan Jokowi Terkait Rocky Gerung Itu Soal Kecil, Maksudnya Menhan Prabowo yang Harusnya Paling Dulu Bertindak

Menurut Cak Imin, kalau ada yang memandang dirinya berhasil maka itu tidak terlepas dari peran Gus Dur terhadap kehidupannya. Cak imin mohon doa agar bisa berhasil seperti cita-cita Gus Gur.

Tapi dia tidak menyebutkan berhasil menjadi apa. Yang kita tahu, saat ini Cak Imin yang saat ini menginginkan menjadi cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto.

"Saya ini betul-betul kalau berhasil itu memang produk Gus Dur, kalau berhasil, tapi kalau gagal ya aslinya memang begitu kira-kira begitu. Jadi mohon doanya semoga berhasil sesuai dengan cita-cita Gus Dur," kata Cak Imin yang kini menjadi Wakil Ketua DPR itu.

Baca juga: Jokowi Sebut LRT Jabodebek yang Pertama di Indonesia, Netizen: Dipikir yang di Palembang Odong-odong

Menurutnya, KH Said Aqil Siradj yang pernah menjadi Ketua Umum PBNU juga salah satu produk Gus Dur. "Jadi kalau jadi itu memang produk Gus Dur, contoh produk Gus Dur itu Kiai Said Aqil Siradj,” katanya.

Cak Imin menceritakan, dalam menggembleng, Gus Dur luar biasa. Di balik itu, Gus Dur juga menyebut, nanti kelak hari, KH Siradj jadi ketua umum PBNU. (Dan itu terbukti, telah terlaksana).

“Dulum jauh hari digebukin Gus Dur dimarahin Gus Dur, tapi sambil dikasih anu masa depan 'sampeyan nanti jadi ketua umum PBNU' sudah jauh hari itu sudah disiapkan oleh Gus Dur," kata Imin.

Baca juga: Winger Barcelona Ousmane Dembele Pulang Kampung, Resmi Pindah ke PSG

"Jadi kira-kira Gus Dur pengin ngomong gini tapi gak langsung sampeyan tak gebuki sek sebelum jadi ketua umum PBNU kira-kira gitu," tandasnya.

Untuk dirinya seniri, Cak Imin menyebut sebagai asisten formal Gus Dur.  "Saya ini termasuk asisten informal, jadi saya diajak terus oleh Gus Dur di semua event," kata Cak Imin. (*)

(Winoto Anung)