Helo Indonesia

Jokowi Sebut LRT Jabodebek yang Pertama di Indonesia, Netizen: Dipikir yang di Palembang Odong-odong

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 4 Agustus 2023 15:18
    Bagikan  
Presiden Jokowi
twitter / @jokowi

Presiden Jokowi - Presiden dan lainnya. (Jokowi menjajal LRT Jabodebek bersama Menhub Budi Karya, Mentrri BUMN Erick Thohir.(Foto: Twitter / @jokowi)

HELOINDONESIA.COMPresiden Jokowi jadi gunjingan para netizen gegara menyebut LRT Jabodebek sebagai yang pertama di Indonesia. Dan juga Presiden Jokowi mengatakan wajar kalau masih ada kekurangan.

Hal itu terkait uji coba LRT Jabodebek yang diikuti Presiden Jokowi bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan jajaran. Lantas Jokowi memeberikan statemen, termasuk yang diunggahnya di Twitter. Di medsos itu lah yang banyak muncul komentar.

“Pengoperasian LRT Jabodebek akan menjadikan keamanan dan keselamatan sebagai faktor utama. Karena itu, kita tidak akan tergesa-gesa mengoperasikannya,” tulis @jokowi 3 Agustus.

“LRT ini merupakan yang pertama di Indonesia. Wajar jika masih ada kekurangan yang perlu dievaluasi dan diperbaiki,” lanjut Jokowi.

Baca juga: Walter Zenga Geram Sepakbola Indonesia Direndahkan, Dianggap Dunia Ketiga

Banyak sekali netizen yang berkomentar, mulai dari rakyat biasa hingga mantan Sekjen Kemeterian BUMN Said Didu. Mereka mengkritisi pernyataan Presiden Jokowi, ada pula mempertanyakan.

Sekjen Kemeterian BUMN Said Didu menanggapi secara halus, mungkin  karena habis beribadah haji.  Dia mengingatkan, Jokowi pernah meresmikan LRT yang pertama di Indonesia pada 2015.

“Bpk Presiden yth, sekedar mengingatkan bhw Bpk pernah meresmikan LRT pertama di Indonesi thn 2015 di Palembang. Jadi LRT Jabodetabek bukan yg pertama,” tulis Said  Didu @said_didu.

Baca juga: Daftar Ulang Rp20 Juta, Mahasiswa Unila Jalur Prestasi Rencana Mundur

“Apa dia pikir LRT Palembang itu odong-odong?” tulis netizen @UyokBack. “Lalu Palembang itu bukan Indonesia?” tulis netizen @Maswiro3.

Ada netizen menanggapi soall yang dianggap sebagai hal wajar oleh Presiden Jokowi, yakni kalau LRT ini masih ada kekurangan, dan itu perlu dievaluasi dan diperbaiki.

“Menurut masyarakat sih tidak wajar, karena sebelum bangun rel dimulai itu seharusnya sudah dipelajari dipahami berulang - ulang.  Bikin kandang merati saja dipikirkan dulu apalagi inprastruktur,” tulis @jositama5122975.

Baca juga: Prabowo Dinilai Jeli Melihat Situasi Politik, Rangkul PSI Yang Lagi Dicuekin Koalisi PDIP

“Giliran ada yg salah & bisa fatal/bahayakan keselamatan org , dianggap wajar/harap maklum, gitu ya pak?. Itu rumput jis , rumput doang hebohnya berlarut2 mentri anda @erickthohir. Ga malu ya anda2 ini,” tulis netizen @DwiNina93.

Komentar netizen @madularang ini tampaknya sangat penting, meski singkat. Dia melihat dari sisi lain. Dia mengoreksi ucapan Jokowi, dan ucapan Presiden itu tampaknya kurang lengkap, seharusnya di postingan di atas ditambahkan: tanpa masinis. Lebih lengkap lagi, tanpa masinis dan produk dalam negeri.

“LRT INI YG PERTAMA DI INDONESIA TANPA MASINIS DAN PRODUK DALAM NEGRI ....PT INKA ALL OUT KARYA ANAK BANGSA,” tulis @madularang. (*)

(Winoto Anung)