Helo Indonesia

Limbah TPA Bakung ke Permukiman, Ini Solusi Jangka Pendek dan Panjang DLH

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 4 Agustus 2023 11:13
    Bagikan  
Kadis LH BLBudiman P Mega

Kadis LH BLBudiman P Mega - (Foto Screnshoot)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Warga sudah bertahun-tahun mengeluhkan limbah bau dan kotor yang menggelontor dari TPA Bakung di Umbul Kunci Sukamandi, Kelurahan Keteguhan, Telukbetung Timur, Kota Bandarlampung.

Limbah tersebut juga mencemari perkebunan, sumur, hingga mengalir ke pantai Teluk Lampung. Kadis Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung Budiman P Mega mengatakan upaya mengatasinya sudah dianggarkan pada APBD Murni 2024.

Untuk sementara, dia sudah mengusulkan ke kecamatan, lurah dan pamong setempat untuk mencari alternatif bagaimana cara menyalurkan limbah agar tak mengganggu warga. Dikatakannya juga, pihaknya sudah melaporkannya ke Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana

“Pemkot sudah merencanakan anggaran di APBD 2023, tapi pelaksanaannya di APBD Murni 2024 dan untuk anggarannya kemarin saya lihat mencapai miliaran,” kata Budiman P Mega usai bersih-bersih sampah di Hutan Mangrove Kotakarang.

Baca juga: Limbah Busuk TPA Bakung Cemari Tahunan Permukiman Hingga Pantai

Menurut Budiman, limbah tersebut akibat musim hujan. "Saat musim kemarau, sampah terbakar dan saat musim penghujan, sampah mengeluarkan air limbah yang hitam pekat dan menimbulkan bau," tambahnya.

Selain itu, katanya, ada aliran air yang tertutup sampah sehingga menyebabkan air limbah mengalir ke permukiman warga.

“Dari bulan Maret lalu, kami sudah melakukan gotong royong dan iuran untuk menyewa alat berat selama 10 hari untuk mengatasi longsor akibat hujan deras," katanya. Alat berat yang tersedia terbatas, jangkauan untuk mengeruk terlalu pendek.

Baca juga: Manuver Angka 8 dan Zig Zag Dihapus Untuk Ujian SIM, Berlaku Mulai Besok

DLH berupaya menanggulangi permasalahan sampah. Untuk itu, dia perlu kerjasama masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai maupun di kali.

Air busuk berwarna pekat dan berbuih (air lindi) dari Tempat Pembungan Akhir (TPA) Bakung sudah bertahun-tahun kerap menggelontor ke permukiman warga hingga pantai terutama setiap hujan deras.

Jika musim kemarau, bau yang ditimbulkan semakin menyengat lagi di kawasan Perumahan Keteguhan Permai dan Umbul Kunci Sukamandi Kelurahan Keteguhan, Kecamatan Telukbetung Timur. (Hajim)