Helo Indonesia

Satu Keluarga Disambar KA Dhoho Saat Naik Luxio, Enam Orang Tewas, Mobil Hancur Berkeping-keping

Minggu, 30 Juli 2023 08:01
    Bagikan  
HANCUR
instagram @jombanginformasi

HANCUR - Kondisi mobil luxio hancur berkeping setelah ditabrak KA Dhoho di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (29/7/2023) malam.

HELOINDONESIA.COM - Perlu waspada bagi Anda yang melintas di perlintasan Kereta Api (KA) yang tidak dilengkapi palang pintu, apalagi jika Anda membawa rombongan keluarga, seperti dialami mobil ini.

Nahas, dialami satu keluarga dalam satu mobil mengalami kecelakaan tertabrak KA Dhoho di perlintasan KA di Dusun Gondekan, Jabon, Kecamatan Kota Jombang, Jawa Timur Sabtu (29/7/2023) pukul 23.15 WIB.

Peristiwa itu terjadi di perlintasan KA yang tidak dilengkapi palang pintu yang terjadi pada tengah malam dialami mobil MPV Daihatsu Luxio L 1009 XD.

Mobil Daihatsu membawa rombongan satu keluarga dihantam KA Dhono loko CC2017707 yang melaju kencang di perlintasan itu.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Bus Wisata Asal Gunung Kidul di Tol Jombang Mojokerto

Peristiwa tragis yang menimpa rombongan keluarga itu, menewaskan 6 orang di yang berada di dalam mobil dan dua lainnya luka berat.

Akibat benturan keras yang terjadi mobil Luxio hancur dan rusak berat serta sempat terseret hingga 100 meter.

Informasi yang dihimpun dari tempat kejadian perkara (TKP) mengungkapkan mobil Luxio itu dikemudian oleh Wahyu Kuspoyo (42) warga Ciro Wetan, Desa Bakung, Temanggungan, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Bus Wisata Asal Gunung Kidul di Tol Jombang Mojokerto

Menurut informasi delapan orang yang berada di dalam mobil termasuk pengemudi seluruhnya merupakan satu keluarga, tidak sempat meninggalkan kendaraan saat dihantam kereta api.

Peristiwa mengenaskan itu terjadi berawal saat mobil melaju dari arah Utara ke Selatan hendak melintas di persimpangan atau perlintasan KA yang memang tidak ada palang pintunya.

Namun rupanya pengemudi saat melintasi perlintasan KA tidak memperhatikan kondisi rel KA, apakah sudah aman atau tidak.

"Saat mobil melaju sudah diteriaki oleh warga yang ada di lokasi, mobil tersebut tetap maju kea rah rel hingga tertabrak oleh kereta api Dhoho tersebut," ujar saksi mata yang menyaksikan detik-detik kejadian mengerikan itu.

Baca juga: KA Gajayana Tabrak Truk Gandeng, Bak Ambrol Ampas Tebu Berserakan di Jalanan Baron, Nganjuk

Mobil Luxio langsung nyelonong masuk ke perlintasan KA, pada hal dari arah Timur melaju kereta api Dhoho dengan kecepatan maksimal.

KA Dhoho Loko CC2017707 yang melaku dari arah Surabaya menuju arah Kertoso langsung menghantam rombongan mobil Luxio itu, hingga terjadi benturan keras yang tak terhindarkan.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Anang Setyanto kepada wartawan di Jombang menuturkan korban kecelakaan sudah diidentifikasi.

Dari kejadian itu menurut Ipda Anang ada enam penumpang di dalam mobil tewas dan dua penumpang mengalami luka berat dan langsung dilarikan ke RSUD Jombang.

Baca juga: Detik-detik Terungkapnya Kajari Kabupaten Madiun Terciduk Konsumsi Narkoba

Ipda Anang Setyanto memperkirakan rombongan dalam satu mobil itu diperkirakan satu keluarga besar.

"Enam orang meninggal dunia, dua luka berat, saat ini kami melakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti, sementara kendaraan rusak berat sudah diamankan," kata Anang.

Iptu Anang menghimbau kepada seluruh pengguna jalan yang sedang melintas diperlintasan KA, khusus yang tidak ada palang pintunya, agar waspada.

Baca juga: Setelah Tiga Hari Menghilang Driver Taxi Online Malang, Dibunuh, Kemudian Dilempar ke Jurang Piket Nol Lumajang

Menurut Anang pengemudi jangan menganggap remeh ketika melintas di perlintasan KA tanpa palang pintu, waspada melihat kanan kiri sebelum melintasi rel KA.

Jangan main serobot jika sudah mengetahui KA melaju di rel, karena KA tidak sama dengan kendaan pada umumnya, tidak bisa mengerem mendadak seperti mobil. **