Helo Indonesia

Malam 1 Suro di Solo, Wali Kota Gibran: Mari Refleksi Diri, Bersihkan Jiwa

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 18 Juli 2023 21:00
    Bagikan  
Kirab Kebu Bule
@gibran_tweet

Kirab Kebu Bule - Kirab Kebo Bulo keturunan Kyai Slamet akan digelar di Keraton Surakarta, kirab keliling beteng kraton. (Foto: ist)

HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menyambut datangnya Tahun Baru Jawa 1 Suro Jimawal 1957. Ini merupakan tahun baru Jawa, bersamaan dengan 1 Muharam 1445 Hijrah.

Gibran Rakabuming berpandangan, Suro merupakan saat yang penting bagi orang Jawa. “Suro termasuk bulan yang diagungkan, mari kita merefleksi diri, membersihkan jiwa, dan mencapai keseimbangan Rohani,” kata Gibran Rakabuming dalam cuitan di Twitter dengan akun @gibran_tweet.

Gibran mengatakan, di Solo pada 1 Suro, diadakan Kirab Pusaka Keraton Solo pada hari Rabu Legi (malam Kamis Pahing) 19 Juli 2023, pada pukul 23.00 WIB. Menurutnya, Keraton Kasunanan Surakarta akan menggelar kirab pusaka dan mengarak kerbau bule.

“Keraton Kasunanan akan menggelar kirab pusaka malam 1 Suro dengan mengarak kerbau bule keturunan Kiai Slamet pada Rabu, 19 Juli 2023 malam,” tulis Gibran Rakabuming (akun @gibran_tweet).

Baca juga: Jokowi Kepo Soal Cawapres Anies, Surya Paloh : Yang Tahu Pak Anies

Kirab Kebo Bule keturunan Kyai Slamet itu akan keliling keraton, yang biasanya dilakukan dengan tapa mbisu (berjalan dengan tanpa bicara sama sekali) pada tengah malam.

Menurut Gibran Rakabuming, masyarakat bisa mengikuti kirab ini. “Masyarakat bisa mengikuti kirab ini di sepanjang rute yang dilewati,” ujarnya.

Ada pun rutenya melalui  Supit Urang, Jalan Pakubuwana, Gapura Gladag, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton.

Baca juga: AHY Minta Anies Tak Mengulur-ulur Waktu Deklarasikan Cawapres

Gibran juga mengungkapkan kegiatan di Pura Makunegaran. Di antaranya ada Kirab Pusaka Dalem 1 Suro Jimawal 1957 di Mangkunegaran, pada Selasa, 18 Juli 2023 pukul 19.00 WIB.

 Dimulai dengan rute dari gerbang utama Pura Mangkunegaran di Jalan Ronggowarsito, berbelok ke kanan ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Pura Mangkunegaran.

“Masyarakat bisa turut memeriahkan rangkaian kirab ini, memperingati masuknya bulan Suro/Muharam, salah satu bulan yang diagungkan,” ujar Gibran Rakabuming.

Baca juga: Tabrakan Kereta vs Truk Tebu di Lampung Utara dan Sedan di Asahan

Selain itu, menurutnya di Sulo ada Festival Budaya Spiritual. “Mari melestarikan budaya spiritual Indonesia di bulan Suro dengan merayakan "Festival Budaya Spiritual" di Kota Solo,” katanya.

Acaranya antara lain Napak Tilas Spiritual, Sarasehan, Kirab 1 Suro, Ruwatan Sukerto. Juga ada Pagelaran Wayang Kulit oleh Dalang Ki Purbo Asmoro Lakon ‘Bima Rahayu’ pada 19 Juli 2023 pukul 21.00 WIB - selesai.

Selain itu digelar pula Pameran Budaya dan Produk UMKM, Umbul Donga & Sajian Ragam Tumpeng, Ruwatan Massal pada 19 Juli 2023 pukul 19.00 WIB.  “Terbuka untuk umum!” ujar Gibran. (*)

(Winoto Anung)