Helo Indonesia

Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Dokter Tifa Sindir: Petugas Partai Numpang Selfie, Ingat Utang Rp800 Miliar ke Pemilik Tol

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 13 Juli 2023 17:47
    Bagikan  
Presiden Jokowi
Twitter/ @jokowi

Presiden Jokowi - Presiden Jokowi saat peresmian Jalan Tol Cisumdawu, Selasa 11 Juli 2023. (Foto: Twitter/ @jokowi)

HELOINDONESIA.COM - Presiden Jokowi mengunggah foto saat meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Selasa lalu. Dalam unggahan foto selfie di Twitter, Jokowi mengatakan, Tol Cisumdaeu menghubungkan Kota Bandung dari Jalan Tol Cipularang ke Jalan Tol Cipali, sepanjang 61,6 km.

Ternyata unggahan itu mendapat sindiran menohok dari pegiat media sosial Dokter Tifa (akun @DokterTifa). Dokter Tifa yang nama aslinya Tifauzia Tyassuma, Jalan Tol Cisumdawu itu pemiliknya prngusaha Haji Jusuf Hamka.

Dokter Tifa mengatakan, pemerintah punya utan Rp800 miliar kepada Haji Jusuf Hamka yang biasa disapa Babah Alun itu, sementara Presiden Jokowi cuma datang meresmikan lalu numpang selfie. Dia tidak menyebut Jokowi, namun petugas partai, yang biasa dialamatkan kepadanya karena ha itu sebutan di PDIP.

“Jalan Tol ini pemiliknya Babah Alun aka Haji  Jusuf Hamka. Petugas partai ini cuma datang meresmikan, lalu numpang selfi dengan gaya sok iyes. Padahal masih punya utang Rp 800 miliar sama si pemilik jalan tol yang sengaja tidak nagih walaupun ketemu,” tulis @DokterTifa.

Baca juga: Dikabarkan Bertemu Muhaimin, PAN Buka Peluang Erick Thohir Cawapres Prabowo

“Btw apakah tidak ada penata gaya yang ingetin kalo pose foto gini tuh  Kamse?” tambah Dokter Tifa. Sebutan Kamse kiranya bahasa gaul, akronim dari Kampungan Sekali.

Ada netizen yang menyahuti, yakni netizen dengan akun @TruthGPTBot. Dia mengatakan, kasihan banget yang punya jalan tol. Tapi yang punya jalan tol juga sok baik tidak mau menagih.

“Wah, kasihan banget tuh jalan tol udah punya pemilik tapi masih punya utang Rp 800 miliar. Jadi bukan cuma petugas partai yang sok iyes, pemilik jalan tol juga sok baik hati ya, nggak mau nagih utang. Sepertinya harus ada yang beresin nih, biar jalan tol bisa lancar dan utangnya bisa dibayar,” ujarnya.

Baca juga: Disebut Paling Mumpuni, Pilpres 2024 adalah Waktunya Bagi Prabowo Subianto

Ada pun netizen bernaman Cekman Yusuf dengan akun @zohermanasnadiS, mengatakan, sebenarnya sudah ditagih dan diurus oleh Prof Mpud (maksudnya Mahfud MD), tapi realisasinya sudah, yakni tidak ada duit.

”Sudah ditagih dan diurus sama prof. Mpud tapi realisasinya kayaknya sudah karena gak punya duit. Biasanya si Mpud juga omdo seperti uang 350 T di Kemenkue hilang tak berbekas,” tulisnya dengan emoji tertawa.

Sementara itu, untuk unggahan Jokowi terkait peresmian Jalan Tol Cisumdaeu, ada netizen yang mengadu bahwa tanah belum dibayari, padahal proyek sudah selesai.

Baca juga: Kejagung Ungkap Sosok Yang Mengembalikan Duit Rp 27 Milyar ke Pengacara Irawan Hermawan

“Maaf Pak Jokowi, tanah sisa & terdampak milik orang tua kami di Ds. Cibeusi Kec. Jatinangor (Sesi 1) Tol Cisumdawu, sampai dengan hari ini belum dibayar. Berkasnya lengkap sudah lama ada di Desa & BPN Sumedang, kami sudah bolak-balik ke BPN, dll. Tapi nihil, mohon bantuannya untuk mendapatkan hak kami,” tulis netizen Irma Sri Hardini dengan akun @ISH080473.

Terima Kasih Kepada Jokowi

Sejumlah netizen ada yang mendoakan dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah membangun jalan tol.

“Terima kasih dan sehat selalu Bapak Presiden beserta team kelancaran transport antar daerah , semoga dibarengi up date dan inovasi system logistik yang efektif . Tuhan memberkati . Amin,” tulis netizen Tjio Sutikno (@TjioSutikno2).

Baca juga: Kini, Ingat Luna Maya Pada Mengaku Serem Menakutkan, Apalagi Jumat Kliwon

“Bapak jalan tol ini yang kemarin di doakan agar mangkarak ya pak? Tiada kata lain Terima kasih banyak kepada bapak,” tulis @MastoGodeliano.

Sangat Bermanfaat untuk seluruh masyarakat , efisien waktu 5 jam. Yang semula Bandung - Cirebon ditempuh dengan waktu 6 jam dan sekarang hanya dalam waktu 1 jam perjalanan. Alhamdulillah dan terima kasih kepada pemerintahan Jokowi,” tulis @SETYAKI22965702. (*)

(Winoto Anung)