Helo Indonesia

Anak Karyawan BUMN Bantu Pekerja Terdampak Aksi di PTPN Wayberulu

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 2 Juli 2023 19:56
    Bagikan  
Anak karyawan PLN menyerahkan bantuan

Anak karyawan PLN menyerahkan bantuan - (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Forum Komunikasi Putera Puteri Indonesia Bersatu (FKPPIB) sumbangan untuk membantu pekerja harian serta warga terdampak aksi massa di PTPN VII Unit Wayberulu, Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran. 

Para karyawan borongan yang sebagian besar berasal dari Desa Tamansari tak bisa bekerja sejak ramainya aksi warga menuntut pengukuran ulang lahan perkebunan karet tersebut. Pekerja borongan dan sebagian warga was-was beraktivitas seperti biasa.

Anak-anak karyawan BUMN sumbangan memberikan bantuan paket beras, minyak goreng, gula putih, dan mi instan. Para pemuda yang mayoritas mahasiswa menyerahkannya di Kantor Afdeling 2 Kebun Karet Unit Wayberulu, Ahad (2/7/2023).

Melalui Mandor Afdeling, mereka difasilitasi untuk bisa menyampaikan bantuan secara langsung kepada para pekerja. "Kami menyampaikan amah teman-teman sebagai bentuk solidaritas atas terganggunya pekerjaan mereka," kata Ketua Kegiatan Pribowo, anak pensiunan karyawan PT. PLN.

Baca juga: Tim SAR Temukan 2 Pemancing Tenggelam di Perairan Mutun

"Ini sebagai wujud membangun kesadaran bahwa kita 1 keluarga walau beda rumah. "Dengan kita saling membantu dalam kebaikan insya allah dan bersinergi satu sama lain akan menjadikan BUMN maju dan kuat," ujarnya.

Pribowo hadir didampingi beberapa pengurus lainnya yang merupakan anak-anak dari pegawai BNI, PT BA, PT Semen Baturaja, PTPN VII, dan lainnya. Bowo, sapaan akrabnya, mengatakan, sumbangan ala kadarnya ini hanya wujud rasa peduli dari teman-temannya. Sebab, sebagian besar karyawan borong sadap yang terdampak, anak-anaknya merupakan anggota FKPPIB.

undefined

"Terus terang, yang kami berikan ini hanya sedikit sekali, tidak ada artinya. Ini pun hasil dari sokongan teman-teman. Tetapi, biarlah walaupun sedikit kami antarkan karena kami dengar beberapa orang mulai mengeluh. Mohon diterima rasa empati kami," kata Bowo, sapaan akrabnya.

Selain Mandor Afdeling, turut menyambut Asisten Kepala Tanaman PTPN VII Unit Way Berulu Hendra Prastiawan, Ketua SPPN VII Cabang Way Berulu Suprapto, dan beberapa lainnya. Mewakili manajemen, Hendra menyampaikan apresiasinya kepada remaja FKPPIB yang sangat peka terhadap kondisi terkini.

Baca juga: Dua Pemancing Bandarlampung Tewas Tenggelam di Teluk Lampung

"Atas nama manajemen, kami sangat terharu dengan aksi cepat teman-teman FKPPI. Ini akan menjadi catatan kami bahwa dampak sosial dari peristiwa ini harus juga mendapat perhatian khusus," kata dia.

Senada, Ketua SPPN VII Cabang Way Berulu menyambut baik prakarsa anak-anak muda merespons suatu fenomena. Ia juga mengaku sedang bergerak untuk memberi perhatian serupa bersama seluruh pengurus dan anggota SPPN VII.

"Kami juga segera bergerak untuk menguatkan semua yang terdampak. Lebih dari itu, kami juga sedang dan terus menjaga dan mempertahankan perusahaan ini agar tidak dirongrong oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab," kata Ketua yang juga komandan Satpam PTPN VII Unit Way Berulu ini

Dari sisi pekerja borong, Suheri mengaku sangat terharu dengan adanya bantuan sembako dari anak-anak FKPPIB ini.
"Kami ini hanya buruh kecil, nggak tahu apa-apa yang kami jalani cuma kerja, dapat uang untuk kehidupan dan sekolah anak-anak. Itu saja. Kalau bisa, jangan korbankan kami orang kecil," kata dia. (HBM)