Helo Indonesia

Bupati Dendi: Harkitnas ke-115, Momentum Kebangkitan Pasca-Covid-19

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 22 Mei 2023 19:48
    Bagikan  
Bupati Dendi Ramadhona saat peringatan Harkitnas

Bupati Dendi Ramadhona saat peringatan Harkitnas - (Foto Rama/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Pemkab Pesawaran menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2023 di Lapangan Pemkab setempat, Senin (22/5/2023). Lewat peringatan ke -115, Bupati Dendi Ramadhona mengatakan merupakan momentum kebangkitan pasca-Covid-19.

Baru 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumunkan bahwa status Public Health Emergency Of International Concern (PHEIC) atau Darurat Kesehatan Global Covid-19 secara resmi dicabut.

"Kita patut bersyukur karena dunia sudah melewati masa krisis pandemi Covid-19," kata Dendi saat menyampaikan amanat Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan dan masalah bersama, rakyat Indonesia terbukti mampu menangani pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian bangsa," katanya

Dengan peringatan Harkitnas ke-115, dia mengajak agar momentum ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapendemi bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Kementrian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun," ujarnya.

Menurutnya, dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara atau entitas regional dengan kekuatab ekonomi terbesar yaitu G20.

Presindensi G20 Indonesia 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger.

"Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pascapandemi, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045," kata dia.

"Selamat memaknai dan memperingati Harkitnas ke - 115 tahun 2023 bagi semua. Berjuang, belajar, tumbuh, dab terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit," pungkasnya. (Rama)