Helo Indonesia

Bupati Dendi Lantik Baznas Pesawaran 2023-2028

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 5 Desember 2023 17:38
    Bagikan  
Bupati Dendi Lantik Baznas Pesawaran 2023-2028

(Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melantik dan mengambil sumpah Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran periode 2023-2028.

Gelaran pelantikan dan pengambilan sumpah Pimpinan Baznas Kabupaten Pesawaran digelar di Aula Pemkab  setempat, Selasa (5/12/2023).

"Hari ini merupakan bukti bahwa ketataan dan kesadaran umat yang tinggi di Bumi Andan Jejama akan pentingnya zakat," kata Dendi dalam sambutannya.

Ia mengapresiasi atas berbagai program unggulan yang dilaksanakan Baznas Kabupaten Pesawaran, seperti program Pesawaran Cerdas berupa beasiswa sarjana dan bantuan siswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi.

Baca juga: Gubernur Arinal Apresiasi Mendag RI atas Terselenggaranya Tingkat Menteri Komunitas Kelapa Internasional ke-59


Kemudian, program Pesawaran Sejahtera berupa Bedah Rumah Layak Sehat (Berkat), Benah Rumah (Benar) dan Bantuan Pangan Siap Saji (Bapa Siji).

"Baznas juga punya program Pesawaran Sehat berupa bantuan biaya pengobatan, bantuan alat kesehatan dan pengentasan AIDS, tubercolosis (TBC), dan malaria (ATM) serta stunting, juga ada program Pesawaran Kemanusiaan berupa Baznas Tanggap Bencana (BTB)," ujarnya.

Menurutnya, program-program ini tentunya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pesawaran lebih maju, makmur dan sejahtera melalui upaya pengentasan kemiskinan, mengatasi keterbelakangan pendidikan dan meningkatkan kehidupan layak.

"Saya berharap semua stakeholder dapat bergandengan tangan bersama Baznas untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pesawaran. Yakinlah semua zakat, infak dan sedekah yang kita berikan pada Baznas semua ada pelaporannya tercatat, dan dalam pelaksanaannya jelas juga diaudit oleh lembagayang kompeten," tambahnya.

Baca juga: Menguasai Seni Public Speaking: Tips dan Trik untuk Berbicara di Depan Umum dengan Mudah


Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Bagian Pertimbangan Area I Baznas RI Putra Erianton mengatakan, Baznas adalah lembaga pemerintah non struktural, yang mempunyai tugas dan fungsi dalam pengelolaan zakat secara nasional.

"Untuk itu ada empat fungsi yang harus dikelola, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan," kata Putra.

Ia berharap Baznas Kabupaten Pesawaran kedepan menjadi Baznas yang lebih baik dan maju. Kehadiran Baznas akan sangat membantu Pemkab Pesawaran dalam penanggulangan kemiskinan.

"Karenanya ini adalah amanah yang tidak mudah untuk dijalankan," kata dia.

Sementara, Ketua Baznas Provinsi Lampung Iskandar mengatakan, bahwa Baznas Kabupaten Pesawaran dengan program Baznas Tanggap Bencana menjadi terdepan dalam membantu masyarakat yang terkena musibah.

Baca juga: Bawaslu Klaim Bakal Beri Sanksi Ke Gibran Jika Terbukti Melibatkan Anak-anak Saat Kampanye


"Baznas Pesawaran yang paling terdepan dalam membantu dan menyerahkan bantuan untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah," kata Iskandar.

Ditambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung sedang membuat peraturan tentang pengelolalaan zakat. Ia juga berharap kedepan Kabupaten Pesawaran bisa mengikuti langkah yang sama, agar masyarakat mengetahui akan pentingnya zakat.

Diketahui, pelantikan dan pengambilan sumpah Pimpinan Baznas Kabupaten Pesawaran periode 2023-2028 oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona adalah;

Ketua: A. Hamid
Wakil Ketua I: Rohim
Wakil Ketua II: KH Endang Z. Khaidir.
Wakil Ketua III: M. Robani
Wakil Ketua IV: Arifudin.


(Rama)