Helo Indonesia

Elf Tabrak Truk di Tol Boyolali, Ketua Yayasan SDI Darul Falah Surabaya Tewas Bersama 4 Guru Saat Tidur Pulas

Sabtu, 13 Juli 2024 17:11
    Bagikan  
BUS RINGSEK
dkumen polres boyolali

BUS RINGSEK - Kondisi minibus elf ringsek bagian depannya (kanan), foto: kiri kondisi mini bus dari belakang seperti masih terlihat utuh.

HELOINDONESIA.COM - Suasana duka menyelimuti keluarga besar Sekolah Dasar Islam (SDI) Darul Falah, Kenjeran Surabaya setelah kendaraan wisata para guru dan anggota yayasan mengalami kecelakaan, Sabtu (13/7/2024) pukul 03:15 WIB.

Kecelakaan terjadi di ruas jalan Tol Solo-Boyolali KM 498+800 jalur B yang menewaskan enam penumpang, lima di antaranya adalah guru yayasan dan anak kecil dari SDI Darul Falah.

Diketahui para korban yang meninggal dari para guru SDI Darul Falah adalah Abdul Manan Mishari Ketua Yayasan SDI Darul Falah, Rofik guru olahraga, ustadzah Rif’ah dan putranya, Adiba cucu dari yayasan SDI Darul Falah.

Baca juga: Kecelakaan Tol Solo-Boyolali Enam Tewas, Empat di Antaranya Guru SD Islam Darul Falah Surabaya

Salah satu korban Imroatul mengisahkan pengalamannya saat mengendarai minibus yang mengalami kecelakaan itu, penumpang sedang tertidur pulas.

"Saat kecelakaan terjadi para penumpang di dalam minibus sedang tertidur pulas," ujarnya.

Kecelakaan itu terjadi saat mobil melintas di ruas jalan Tol Boyolali dan ada truk berhenti di kiri jalan.

Imroatul sendiri saat terjadi kecelakaan bagun sudah berada di atas para korban meninggal dunia.

Baca juga: Ditempa di Boyolali, Balap Sepeda Jateng Kejar Target 5 Emas PON 2024

Kemudian setelah peristiwa itu terjadi sekitar 30 menit para petugas memberikan pertolongan, seluruh korban langsung di evakuasi ke Rumah Sakit.

Sementara Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi sendiri menduga kecelakaan itu terjadi ada dua penyebab.

Penyebab pertama lantara pengemudi mengantuk, dan penyebab kedua karena pengereman tidak berfungsi atau rem blong.

Pengereman tidak berfungsi juga ada sebabnya lantara penumpang yang over kapasitas sehingga ketika mobil berlebihan kapasitas bisa menyebabkan pengereman tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Truk Terguling di Seberang Jurang Tanjakan Jemblung Sooko-Trenggalek, Pengemudi Asal Ngawi Tak Mengetahui Situasi Jalan

Seperti kita ketahui kecelakaan yang melibatkan minibus Isuzu Elf berpenumpang 22 orang menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang mengangkut bata ringan.

Peristiwa itu terjadi di ruas tol Solo-Boyolali, masuk wilayah Desa Sindon, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kendaraan Elf yang melaju dari arah Solo tujuan Yogyakarta melewati Boyolali itu tiba-tiba saat melintas di jalan tol menabrak bagian belakang truk tronton.

Baca juga: Mobil Terguling-guling di Tol Nganjuk Warga Ngawi dan Ponorogo Selamat

Jika dilihat dari kondisi kerusakan minibus, diperkirakan mobil melaju kencang kemudian membentur bagian bak belakang truk tronton.

Kerasnya benturan mobil Elf yang membawa 22 penumpang termasuk pengemudi itu, menyebabkan bagian depan hingga tengah sisi kanan mobil hancur.

Bagian depan bus sudah hancur, menyingkap ke atas kaca bagian depan sudah tidak terlihat lagi begitu juga pintu bagian depan juga sudah hancur, hingga mobil tak berbentuk lagi, namun jika di ambil dari belakang kondisi bus masih terlihat cukup bagus.