Helo Indonesia

Truk Terguling di Seberang Jurang Tanjakan Jemblung Sooko-Trenggalek, Pengemudi Asal Ngawi Tak Mengetahui Situasi Jalan

Selasa, 9 Juli 2024 20:49
    Bagikan  
TERGULING
dokumen polsek sooko

TERGULING - Truk mengangkut porang terguling di tikungan Jemblung, Sooko-Trenggalek, Senin (8/7/2024) pagi

HELOINDONESIA.COM - Di ruas jalan yang tak pernah Anda lalui, terutama di jalan tanjakan ekstrem pengemudi harus tangkas, apalagi menggunakan kendaraan yang kondisinya tidak prima.

Seperti dialami pengemudi Budi Setyo (31) warga Gondang, Legok Kulon, Kasreman, Kabupaten Ngawi saat mengemudi di jalan tanjakan wilayah Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Senin (8/7/2024) pagi.

Truk AD 8556 E mengalami masalah dan gagal menanjak saat melintasi jalanan ektrem tanjakan Jemblung, Dukuh Puru, Desa Bedoho, Kecamatan Sooko pagi pukul 07:45 WIB.

Baca juga: Prasasti Taji, Ungkap Sejarah Kuliner Pecel Ponorogo Sudah ada Sejak Kerajaan Wengker 901 Masehi

Truk yang dikemudikan Budi Setyo ini, setelah gagal menanjak kemudian mobil berjalan mundur terguling dan berhenti setelah menabrak tebing di sebelah jalanan.

"Truk yang mengangkut porang ini tak mampu menanjak, kemudian mundur dan terguling setelah menabrak tebih yang bersebelahan dengan jurang," kata Kapolsek Soko, Iptu Muhammad Isa Latif kepada Radio Gemasurya FC, Selasa (9/7/2024).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sang pengemudi mengalami luka ringan dan truk terguling di tengah jalanan desa yang menanjak.

Baca juga: Mobil Terguling-guling di Tol Nganjuk Warga Ngawi dan Ponorogo Selamat

MenurutBudi porang yang diangkut di dalam truk itu rencananya hendak dibawa ke wilayah Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek dari Kecamatan Sooko, Ponorogo.

Sementara menurut Kapolsek Iptu Muhammad Isa Latif pengemudi asal Ngawi ini belum mengetahui situasi jalanan di kawasan ini.

Belum lagi truk yang mengangkut porang ini juga melebihi muatan, sementara kendaraan truk yang sudah tua tidak memiliki kekuatan penuh ketika jalanan menanjak dengan beban berat.

Baca juga: Dua Kecelakaan Mematikan di Ponorogo, Lansia DItabrak Motor dan Pengendara NMax Menabrak Tiang Listrik

Menurut keterangan saksi warga setempat, Amanto mengungkap sebelum truk terguling kendaraan sudah terlihat mengalami kesulitan menanjak, dan pelan-pelan bergerak mundur.

Truk yang bergerak mundur kemudian menabrak tebing di samping jalan, beruntung truk tidak berbelok ke arah berlawanan yang merupakan jurang yang dalam.

Melihat truk terguling warga di sekitar turut serta membatu mengevakuasi barang-barang yang diangkut dan membersihkan porang yang tercecer di jalan. **