Helo Indonesia

Gus Halim Ingatkan Pembangunan Desa Harus Bertumpu Akar Budaya

Jumat, 12 Juli 2024 21:42
    Bagikan  
Gus Halim Ingatkan Pembangunan Desa Harus Bertumpu Akar Budaya

Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Demak dr Hj Eistianah saat launching Lomba Desa Wisata Nasional di desa Boyolali, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Foto : ist

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menegaskan bahwa pembangunan desa harus bertumpu akar dan budaya.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim menyampaikan hal itu saat meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara dan Lomba Literasi Desa di Desa Boyolali, Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat 12 Juli 2024.

Baca juga: Kendal Open Perpani 2024 jadi Ajang Cari Bibit Baru dan Meningkatkan Prestasi

Profesor Kehormatan Unesa ini bersyukur karena peluncuran Lomba Desa Wisata Nusantara dan Literasi Desa ini dilakukan di Demak.

"Oleh karena itu kehormatan bagi saya bisa silaturahmi dengan warga Demak," kata Gus Halim.

Gus Halim mengatakan, untuk pertama kalinya digelar Lomba Literasi Budaya Desa karena itu butuh dukungan dari Perpustakaan Nasional.

Hal ini penting karena Gus Halim selalu menggaungkan agar pembangunan di desa yang didukung pemerintah lewat Dana Desa harus bertumpu pada akar budaya.

"Jangan sampai kita membangun desa lepas dari akar budaya," tegas Gus Halim.

Baca juga: Bupati Kendal Akui Pencalonannya di Pilwakot Semarang, Golkar dan PSI Koalisi

Meski demikian, belum seluruh desa menggali akar budayanya. Salah satu upaya untuk mengatasi hal itu maka dilaksanakan Lomba Literasi Budaya Desa.

"Tema kita bebaskan, tidak perlu ada dokumen, yang penting ada warga desa yang bisa menceritakan," kata Gus Halim.

Dikatakannya, semua nama desa selalu punya makna baik. Meskipun sekilas orang kaget, tetapi setelah dijelaskan asal usul nama desa itu baru akan mengerti.

Gus Halim memberi dukungan penuh kepada Ditjen Pembangunan Desa dan Pedesaan untuk melaksanakan Lomba Literasi Desa.

Gus Halim juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung keberlangsungan pembangunan desa, termasuk kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melahirkan program Dana Desa.

Improvisasi

Adanya Dana Desa, kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini, setiap desa bisa melakukan improvisasi yang secara bertahap didampingi Kemendes PDTT agar proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di desa dilakukan dengan semakin baik.

Baca juga: Ramalan Hard Gumay Sebut 4 Artis akan Mengalami Peristiwa Besar di Bulan Juli 2024

Dalam kesempatan ini, Gus Halim menyerahkan bantuan untuk BUMDes Berkah Mulya Desa Boyolali yang mengelola waterpark tempat pelaksanaan kegiatan.

Selanjutnya, Gus Halim mengunjungi Perpustakaan Desa Boyolali didampingi Penasehat DWP Kemendes Lilil Umi Nashriyah, Dirjen PDP Sugito, Bupati Demak Esti'anah serta Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Adin Bondar.

Mengenai pembangunan desa, Bupati Eisti'anah menyampaikan , pemerintah daerah mendukung sepenuhnya. Termasuk di dalamnya pembangunan infrastruktur.

"Adanya lomba desa wisata ini sangat membantu upaya pembangunan daerah di sektor pariwisata. Karena semakin mengenalkan Kabupaten Demak di kancah nasional bahkan internasional. (Jati)